BerandaNewsEkobizKemenkeu dan Pemda Sinergikan Pemanfaatan Dana Cukai untuk Pembangunan Daerah

Kemenkeu dan Pemda Sinergikan Pemanfaatan Dana Cukai untuk Pembangunan Daerah

HOLIPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) melakukan upaya sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) di tiga wilayah untuk memaksimalkan pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Purwokerto, Pamekasan, dan Parepare pada akhir Januari hingga awal Februari 2024.

“Kali ini kegiatan ini kami lakukan di tiga wilayah, masing-masing di Purwokerto, Pamekasan, dan Parepare. Pelaksanaannya pada periode akhir Januari hingga awal Februari 2024,” jelas Encep Dudi, seperti dikutip Holopis.com dari Laman Kemenkeuri, Kamis (15/2).

Bea Cukai Purwokerto mengkoordinasikan dengan Pemkab Purbalingga, Banjarnegara, dan Banyumas untuk memastikan pemanfaatan DBH CHT di bidang penegakan hukum dan rencana kerja tahun 2024.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di sisi lain, Bea Cukai Madura turut serta dalam acara monitoring dan evaluasi (Monev) DBH CHT Tahun Anggaran 2024 bersama Pemkab Bangkalan untuk memantau efektivitas bantuan langsung tunai (BLT) kepada pabrik rokok, yang dianggap sangat membantu buruh pabrik.

“BLT sangat membantu buruh pabrik, apalagi saat pabrik sedang libur atau tidak beroperasi karena buruh pabrik merupakan pekerja harian. Selain BLT, DBH CHT juga dapat dimanfaatkan dalam program-program seperti peningkatan kualitas bahan baku (tembakau), pembinaan industri, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan barang kena cukai ilegal,” ujarnya.

Selain itu, sinergi juga dilakukan oleh Bea Cukai Parepare bersama Pemkab Pinrang dan Sidrap dalam rangka monitoring dan pembahasan realisasi kinerja pemanfaatan DBH CHT tahun 2023 serta rencana pemanfaatan tahun 2024.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan pemanfaatan DBH CHT dapat lebih efektif dan efisien untuk pembangunan lokal.

“Melalui sinergi dan koordinasi bersama pemerintah daerah, pemanfaatan DBH CHT dapat lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS