BerandaNewsEkobizJepang Tergelincir Masuk Jurang Resesi

Jepang Tergelincir Masuk Jurang Resesi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ekonomi Jepang telah resmi tergelincir ke dalam jurang resesi, yang membuat negara yang dikenal dengan julukan Negeri Sakura itu terdepak dari daftar tiga besar ekonomi dunia.

Pertumbuhan ekonomi Jepang secara tidak terduga mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut, dimana secara teknikal kondisi ini dapat dikatakan resesi teknis.

Adapun kontraksi ini dipicu oleh lemahnya permintaan domestik, sehingga meningkatkan ketidakpastian rencana Bank of Japan (BoJ) untuk melonggarkan kebijakannya pada tahun 2024 ini.

Adapun pemerintah Jepang mencatat, Produk domestik bruto (PDB) turun 0,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada periode Oktober-Desember 2023. Kemudian pada kuartal sebelumnya PDB Jepang turun 3,3 persen yoy.

Penerbit Iklan Google Adsense

Angka ini berbalik arah dengan prakiraan para ekonom yang memprakirakan rata pertumbuhan ekonomi Jepang naik sebesar 1,4 persen. Sedangkan secara triwulanan, prakiraan mediannya naik 0,3 persen.

Adapun untuk data konsumsi swasta menurut data pemerintah Jepang turun sebesar 0,2 persen. Angka ini berbanding terbalik dengan proyeksi para ekonom yang memprediksi akan ada kenaikan 0,1 persen.

Padahal, konsumsi swasta sendiri mencakup lebih dari separuh aktivitas ekonomi. Sedangkan belanja modal, mesin pertumbuhan utama sektor swasta lainnya, turun 0,1 persen. Berbanding terbalik dengan prediksi yang mengatakan ada kenaikan 0,3 persen.

Permintaan eksternal, atau yang dalam hal ini adalah nilai ekspor dikurangi nilai impor, menyumbang 0,2 poin persentase terhadap PDB, karena ekspor naik 2,6 persen dari kuartal sebelumnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS