BerandaNewsRagamTips Hilangkan Cegukan Mendadak yang Ganggu Kenyamanan

Tips Hilangkan Cegukan Mendadak yang Ganggu Kenyamanan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cegukan yang datang mendadak biasanya tidak bisa ditebak kapan datangnya dan langsung mengganggu kegiatan sehari-hari. Setelah cegukan dimulai, biasanya Sobat Holopis merasa sulit untuk menghentikannya.

Namun jangan khkawatir, ini dia beberapa cara yang bisa diikuti untuk mengurangi gejala cegukan agar pernapasan kembali normal seperti biasa.

1. Minum Air Secara Perlahan

Minum air secara perlahan dapat membantu merelaksasi otot diafragma, yang bisa menjadi penyebab cegukan. Jangan minum terlalu cepat atau terlalu banyak dalam satu tegukan.

2. Tarik Nafas Dalam-dalam dan Tahan

Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan tahan selama beberapa detik sebelum mengeluarkannya perlahan-lahan. Ini dapat membantu merelaksasi otot-otot yang terlibat dalam pernapasan dan dapat membantu menghentikan cegukan.

3. Makan atau Minum Sesuatu

Mengunyah atau minum sesuatu yang dapat merangsang tenggorokan, seperti gula atau cuka, dapat membantu mengalihkan perhatian dari cegukan dan mempengaruhi saraf di tenggorokan.

4. Teknik Valsalva

Teknik ini melibatkan menahan napas dan menekan seperti yang Anda lakukan saat Anda mengejan saat buang air besar. Ini dapat membantu merelaksasi otot-otot di tenggorokan dan memperbaiki iritasi yang dapat menyebabkan cegukan.

5. Mengalihkan Perhatian

Terkadang, cegukan bisa dipicu oleh stres atau kecemasan. Mencoba untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang menarik atau berfokus pada hal-hal lain bisa membantu menghentikan cegukan.

6. Gunakan Teknik Distraction

Cobalah untuk memberikan stimulus yang menyenangkan atau mengejutkan, seperti ketawa, terkejut, atau memikirkan sesuatu yang mengalihkan perhatian. Hal ini dapat membantu mereset irama pernapasan dan menghentikan cegukan.

7. Konsumsi Es Batu

Mengunyah es batu atau minum air dingin bisa membantu menghentikan cegukan dengan merangsang saraf di tenggorokan. Sobat Holopis bisa langsung mendatangi kulkas dan mencari es saat tiba-tiba cegukan.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0