BerandaHiburanMusikLirik Lagu Maju Tak Gentar - Cornel Simanjuntak

Lirik Lagu Maju Tak Gentar – Cornel Simanjuntak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Laju Maju Tak Gentar adalah salah satu lagu nasional yang pasti dihapal oleh banyak masyarakat Indonesia. Maju Tak Gentar ternyata memiliki sejarah yang unik dan wajib diketahui oleh semua warga Indonesia.

Awalnya lagu ini adalah lagu propaganda Asia Timur Raya dan hasil propaganda pemerintah Jepang dan Indonesia yang berjudul Maju Putera-Puteri Indonesia yang diciptakan Cornel Simanjuntak pada tahun 1944.

Kemudian setahun kemudian, Cornel Simanjuntak mengubah lagu Maju Putera-puteri Indonesia menjadi lagu Maju Tak Gentar, karena pengalamannya sebagai seorang pejuan. Berikut lirik lagu Maju Tak Gentar;

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju tak serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita menang

Bergerak bergerak
Serentak serentak
Menerkam menerjang

Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Maju Tak Gentar awalnya merupakan lagi propaganda Asia Timur Raya dan hasil propaganda pemerintah Jepang dan Indonesia yang berjudul Maju Putera-Puteri Indonesia yang diciptakan Cornel Simanjuntak tahun 1944.

Lalu, pada tahun 1945, Cornel Simanjuntak mengubah lagu Maju Putera-puteri Indonesia menjadi lagu Maju Tak Gentar. Hal ini dilandaskan karena Cornel Simanjuntak memiliki pengalaman sebagai pejuang.

Atas jasanya, Cornel Simanjuntak memperoleh kehormatan piagam Satya Lencana Kebudayaan yang setingkat dengan Bintang Gerilya. Dengan lagunya tersebut, Cornel Simanjuntak berusaha membangkitkan pejuang lain di tengah pergolakan.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0