Hari Pers Nasional, 9 Februari : Simak Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari di setiap tahunnya. Berikut sejarah dan temanya di artikel ini.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa Hari Pers Nasional tersebut diperingati untuk insan pers yang ada di Indonesia.

Untuk menggelorakan hari Pers Nasional tahun ini, turut digelar sejumlah acara yang diadakan di Jakarta, seperti seminar, bahkan pengharagaan atau Anugerah Kebudayaan hingga Anugerah Jurnalistik Adinegoro.

Lantas, seperti apa sih sejarah dari Hari Pers Nasional itu sendiri? Berikut selengkapnya :

Sejarah Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari di setiap tahunnya ini digelar dalam rangka memperingati HUT PWI.

Penetapan Hari Pers Nasional diatur langsung dalam Keppres RI No. 5 Tahun 1985 yang langsung ditandatangani Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 silam.

Hari Pers Nasional itu sendiri sejatinya tercetus atas peran wartawan. Sejarah Hari Pers Nasional ini pun berkaitan langsung dengan Organisasi PWI yang terbentuk 9 Februari 1946.

Pada tahun 1978, Kongres PWI ke-28 digelar di Padang, salah satu topik dalam kongres tersebut yakni mengenai Hari Pers Nasional, dimana isu atas Hari Pers Nasional itu sendiri lahir dari pemikiran para tokoh pers.

Hingga kini, perayaan Pers Nasional dirayakan setiap 9 Februari di setiap tahunnya, dimana Dewan Pers memperingati Hari Pers Nasional di kota berbeda di setiap tahunnya. Untuk selengkapnya mengenai sejarah Hari Pers Nasional, KLIK DI SINI.

Tema Hari Pers Nasional 2024

Hari Pers Nasional selalu mengusung tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Untuk tahun 2024 ini, Hari Pers Nasional mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa‘.

Tema tersebut diusung seiring dengan suasana pemilu 2024 saat ini, yang bertujuan agar insan pers di Indonesia bisa tetap bersatu damai mengawal situasi politik yang sedang berlangsung.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Olimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka, Api Balon Udara Menyala

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan ditandai api menyala dari sebuah balon udara raksasa.

Anggota DPR Ujang Iskandar Ditangkap di Bandara Soetta, Kejagung: Korupsi di Pemkab Kobar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Satgas SIRI) dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menangkap anggota DPR Ujang Iskandar, Jumat (26/7). Ujang...

Bareskrim Akan Periksa Benny Rhamdani soal Inisial T Pengendali Judi Online

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, bahwa pihaknya telah menjadwalkan agenda pemeriksaan kepada Kepala BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani.

Sahroni Anggap Erintuah Damanik Sakit Jiwa

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menganggap hakim PN Surabaya, Erintuah Damanik sakit jiwanya gegara memutuskan vonis bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur dari tuntutan JPU atas kasus kematian Dini Sera Afrianti pada tahun 2023 lalu.

Prabowo Subianto Optimis Penguatan Kerja Sama dengan Perancis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya peningkatan kerja sama, khususnya di bidang ekonomi dengan negara Perancis.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

BERITA TERBARU

Djarot Anggap PDIP Buka Komunikasi Semua Partai Termasuk Anies

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa komunikasi politik selalu dibuka oleh pihaknya untuk menjejaki kerja sama politik ...