BerandaHistoryHari Pers Nasional, 9 Februari : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Pers Nasional, 9 Februari : Simak Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari di setiap tahunnya. Berikut sejarah dan temanya di artikel ini.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa Hari Pers Nasional tersebut diperingati untuk insan pers yang ada di Indonesia.

Untuk menggelorakan hari Pers Nasional tahun ini, turut digelar sejumlah acara yang diadakan di Jakarta, seperti seminar, bahkan pengharagaan atau Anugerah Kebudayaan hingga Anugerah Jurnalistik Adinegoro.

Lantas, seperti apa sih sejarah dari Hari Pers Nasional itu sendiri? Berikut selengkapnya :

Sejarah Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari di setiap tahunnya ini digelar dalam rangka memperingati HUT PWI.

Penetapan Hari Pers Nasional diatur langsung dalam Keppres RI No. 5 Tahun 1985 yang langsung ditandatangani Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 silam.

Hari Pers Nasional itu sendiri sejatinya tercetus atas peran wartawan. Sejarah Hari Pers Nasional ini pun berkaitan langsung dengan Organisasi PWI yang terbentuk 9 Februari 1946.

Pada tahun 1978, Kongres PWI ke-28 digelar di Padang, salah satu topik dalam kongres tersebut yakni mengenai Hari Pers Nasional, dimana isu atas Hari Pers Nasional itu sendiri lahir dari pemikiran para tokoh pers.

Hingga kini, perayaan Pers Nasional dirayakan setiap 9 Februari di setiap tahunnya, dimana Dewan Pers memperingati Hari Pers Nasional di kota berbeda di setiap tahunnya. Untuk selengkapnya mengenai sejarah Hari Pers Nasional, KLIK DI SINI.

Tema Hari Pers Nasional 2024

Hari Pers Nasional selalu mengusung tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Untuk tahun 2024 ini, Hari Pers Nasional mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa‘.

Tema tersebut diusung seiring dengan suasana pemilu 2024 saat ini, yang bertujuan agar insan pers di Indonesia bisa tetap bersatu damai mengawal situasi politik yang sedang berlangsung.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0