Sri Mulyani Klaim PSN dan IKN Dongkrak Kinerja Investasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa kinerja investasi Indonesia menunjukkan adanya peningkatan. Hal itu tercermin dari Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) pada 2023 yang sebesar 4,4% secara tahunan (yoy).

“Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN), aktivitas belanja modal pemerintah, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sektor swasta turut andil menjaga kinerja positif investasi,”kata Sri Mulyani dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Kamis (8/2).

Selain itu, kondisi infrastruktur yang semakin meningkat, kinerja ekonomi makro yang sangat baik, serta stabilitas sosial politik yang terjaga menjadi faktor utama menjaga keyakinan pelaku usaha untuk berinvestasi.

Selanjutnya, ekspor riil pada triwulan IV 2023 juga tumbuh positif di angka 1,64% dan 1,32% secara tahunan, didorong oleh meningkatnya ekspor barang migas dan jasa serta peningkatan jumlah wisatawan mancanegara.

Kemudian volume ekspor nonmigas, ekspor kendaraan dan bahan bakar mineral juga turut tumbuh disepanjang tahun 2023. Di sisi lain, impor barang pada triwulan IV 2023 masih terkontraksi sebesar 1,65% secara tahunan.

Di sisi produksi, pertumbuhan positif juga tercatat di seluruh sektor lapangan usaha baik di triwulan IV 2023 maupun di sepanjang tahun 2023. Kontributor terbesar dari pertumbuhan tersebut adalah sektor manufaktur, perdagangan, pertanian, dan pertambangan.

Sementara itu, peningkatan mobilitas masyarakat juga telah mendorong pertumbuhan sektor transportasi sepanjang tahun 2023. Sejalan dengan itu, sektor akomodasi dan makan minum juga tumbuh positif sebesar 10,01% secara tahunan.

Penyelenggaraan berbagai acara baik level nasional maupun internasional mendorong daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata. Peningkatan mobilitas juga dipengaruhi oleh musim liburan nataru dan persiapan penyelenggaraan pemilu.

Secara spasial, meskipun seluruh wilayah mencatatkan pertumbuhan positif, namun wilayah berbasis hilirisasi masih terus mencatatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nasional, seperti Sulawesi, wilayah Maluku dan Papua tumbuh tinggi masing–masing 6,37% dan 6,94%.

“Hal ini didorong oleh produk-produk hilirisasi mineral. Hal serupa juga terjadi di Wilayah Kalimantan, Jawa dan Sumatera,” ujar Sri Mulyani

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Pemerintah Kantongi Dana Segar Rp 22 Triliun dari Lelang 7 Seri SUN

Pemerintah berhasil mengantongi dana segar senilai Rp 22 triliun dari lelang 7 (tujuh) seri Surat Utang Negara (SUN).

Akhirnya Wajib Pajak Tak Perlu Lapor SPT Tahunan

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan mempermudah proses pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan seiring dengan penerapan Core Tax Administration System.

Di Hadapan Sri Mulyani, Bank Dunia Puji Ekonomi RI

Bank Dunia (World Bank) mengapresiasi kinerja ekonomi Indonesia yang mampu tumbuh stabil di angka 5 persen, dengan tingkat inflasi yang tetap terjaga rendah.

Pemerintah Luncurkan Simbara Timah dan Nikel, Demi Tambal Pemasukan Negara?

Pemerintah meluncurkan Sistem Informasi Mineral dan Batubara antara Kementerian dan Lembaga (Simbara) untuk pelacakan pengiriman komoditas nikel dan timah.

Sri Mulyani Bincang Bareng Presiden Singapura di Akhir Pekan, Ini yang Dibahas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam. Pertemuan itu berlangsung pada akhir pekan, Sabtu (20/7). Sri Mulyani...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.