BerandaNewsPolhukamSetahun Penyekapan Pilot Susi Air, Kapolda Papua Minta Semua Pihak Bersabar

Setahun Penyekapan Pilot Susi Air, Kapolda Papua Minta Semua Pihak Bersabar

HOLOPIS.COM, PAPUA – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengklaim bahwa sampai dengan saat ini mereka masih mengupayakan upaya pembebasan pilot Susi Air yang sudah disekap oleh KKB Papua.

Mathius sebatas meminta kesabaran semua pihak dalam upaya pembebasan yang selama ini dilakukan oleh aparat keamanan.

“Kami membutuhkan kesabaran dari semua pihak, termasuk teman-teman wartawan, karena TNI-Polri yang dibantu semua unsur baik itu tokoh masyarakat, tokoh gereja terus berupaya membebaskan Phillip,” kata Mathius Fakhiri dalam keterangannya pada Rabu (7/2) yang dikutip Holopis.com.

Jenderal bintang dua itu berdalih bahwa keselamatan berkebangsaan Selandia Baru yang saat ini masih ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya menjadi faktor utama.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Berbagai langkah sudah dilakukan baik oleh Pemda Nduga maupun TNI-Polri dengan tetap mengedepankan negosiasi,” kilahnya.

Mathius kemudian mengungkapkan, hasil pertemuan dengan Dubes Selandia Baru sepakat memberikan dukungannya terhadap kedaulatan, dimana Papua adalah bagian tidak terpisahkan dari RI.

Dengan adanya dukungan tersebut maka apa yang disampaikan Benny Wenda dan Sebby Sembon tidak berdasar

“Tidak ada negara-negara yang memberikan dukungan bagi isu Papua merdeka di luar negeri sehingga apa yang disampaikan dengan menggunakan isu Papua, isu politisasi untuk kepentingan Papua merdeka ini harus berhenti, dan TNI-Polri bersama para pihak akan terus berupaya membebaskan sandera hingga bebas dalam keadaan selamat,” ucapnya.

Mathius kemudian juga memastikan bahwa Phillip Mark Mehrtens sampai dengan saat ini masih berada di wilayah Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Selain itu, pihaknya masih memberikan kesempatan bagi para pihak, terutama tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membantu mendekati KKB pimpinan Egianus Kogoya agar mau membebaskan pilot.

“Kami berharap upaya pembebasan sandera dapat segera terwujud dalam kondisi sehat,” tutupnya.

Pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens disandera KKB sejak tanggal 7 Pebruari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga. KKB pimpinan Egianus Kogoya juga membakar pesawat milik Susi Air

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jokowi : WTP Bukan Prestasi!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan apresiasi atas kinerja sejumlah lembaga negara yang memperoleh predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK.

Jokowi Kesel Birokrasi di Indonesia Masih Rumit

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengakui bahwa birokrasi di Indonesia sampai dengan saat ini masih rumit dan tidak praktis.

Prabowo Pastikan Bakal Perkuat BPK : Tiap Rupiah Harus Kita Amankan!

Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menanggapi harapan Presiden Jokowi perihal penguatan BPK di pemerintahan mendatang.

Kejagung Sita 5 Lahan dan Bangunan Milik dan Terafiliasi Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis

Penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 5 (lima) bidang lahan dan atau bangunan.

Hakim Agung Gazalba Saleh Kembali Ngandang

Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh kembali berstatus terdakwa gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan dijebloskan ke Rutan Kelas IA Jakarta Timur.

Jokowi Optimis Prabowo Mampu Kelola Keuangan Negara dengan Baik

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memberikan wanti-wanti kepada BPK dan sejumlah lembaga negara untuk bersiap untuk transisi pemerintahan di bulan Oktober mendatang.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS