BerandaTeknoGadgetHarga iPhone XR Makin Anjlok, Masih Layak Dipakai di 2024?

Harga iPhone XR Makin Anjlok, Masih Layak Dipakai di 2024?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – iPhone XR merupakan salah satu seri smartphone keluaran Apple yang sudah dirilis sekitar 5 tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2018 lalu.

Walaupun awalnya iPhone XR ini disebut-sebut sebagai ‘iPhone gagal’ karena angka penjualannya yang tidak memuaskan, namun pada tahun 2020, iphone ini menjadi primadona untuk iPhone series karena kameranya yang ajib, bahkan jika dibanding dengan seri iPhone di atasnya.

Dengan harganya yang terus merosot jauh, hingga ke Rp4 jutaan untuk harga bekasnya, apakah smartphone berlogo Apple ini masih layak untuk dipakai di tahun 2024? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Dari segi desain, iPhone XR yang masih menggunakan layar full display dengan poni sudah terbilang cukup ketinggalan, setelah adanya layar dynamic island yang ada di seri iPhone keluaran terbaru, yakni iPhone 15 series.

Terlebih, jenis layar pada iPhone XR ini masih menggunakan Liquid Retina IPS LCD, yang hanya bisa menghasilkan kecerahan layar maksimal di 625 nits. Hal ini tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

Namun untuk layar iPhone XR masih terbilang cukup bagus dengan kualitas warna yang masih terlihat tajam jika dibandingkan dengan android di harga yang sama, yang bahkan sudah menggunakan panel AMOLED sekalipun.

Kemudian di bagian desain belakang, iPhone XR hanya menghadirkan satu modul kamera, layaknya desain iPhone 8 series yang dirilis dua tahun setelahnya. Di satu sisi banyak pengguna iPhone yang mengincar modul kamera boba yang ada di iPhone 11 series ke atas.

Performa

Sebagaimana diketahui, iPhone dalam hal performa tidak bisa dianggap remeh. Meskipun menggunakan chipset Apple A12 Bionic dengan fabrikasi 7nm yang terbilang cukup jadul, performa iPhone XR masih terasa ‘ngebut’ untuk pemakaian di 2024.

Bahkan jika dibanding dengan smartphone Android di harga yang sama, yang tak lain adalah android seri mid-range, performa iPhone XR untuk multitasking, bahkan untuk bermain game berat masih patut diacungi jempol.

Namun dari segi performa yang harus dipertimbangkan adalah dari sisi pembaruan software dari iPhone XR, di mana kemungkinan tidak akan mendapatkan pembaruan iOS terbaru yang akan keluar di tahun 2024 ini, yakni iOS18.

Kamera

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sekor kamera pada iPhone XR ini masih mengandalkan single kamera dengan resolusi yang hanya 12mp pada bagian belakang, dan juga pada kamera bagian depannya.

Namun foto yang dihasilkan dari kamera iPhone XR masih terbilang sangat bagus dengan detail yang tajam serta warna yang khas dari iPhone. Bahkan dapat dikatakan hasil jepretan dari kamera iPhone XR ini serupa dengan iPhone 11.

Hanya saja, pada iPhone XR tidak ada modul kamera wide anggle yang belakangan ini menjadi favorit banyak pengguna gadget karena menghasilkan cakupan gambar yang lebih luas.

Secara garis besar, iPhone XR ini masih layak untuk dibeli pada 2024 kali ini berkat performanya yang masih sangat baik. Namuin sebelum membeli iPhone XR, perlu diperhatikan orisinalitas dari sparepartnya.

Hal ini dikarenakan iPhone XR dalam kondisi bekas yang dijual saat ini, banyak yang sudah diganti, baik baterai maupun layarnya. Sebab, penggunaan suku cadang yang tidak original akan memengaruhi performa iPhone XR secara keseluruhan.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0