Catat! Ini 5 Tanda akan Terjadinya Tanah Longsor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di musim penghujan saat ini, inilah tanda peringatan dini akan terjadinya tanah longsor yang dapat menyelamatkan anda.

Awal tahun 2024 sudah memasuki musim hujan, yang mana kondisi cuaca yang tidak menentu dan juga hujan dengan intensitas deras itu terjadi di seluruh wilayah Indonesia, BNPB telah menerima laporan bencana, salah satunya tanah longsor.

“Hallo Sobat Tangguh! Tahukah kamu tahun 2024 ini Pusdalops BNPB telah menerima laporan kejadian bencana salah satunya adalah laporan kejadian tanah longsor,” ujar anggota BNPB yang dikutip Holopis.com dari akun Instagram @bnpb_indonesia, Kamis (8/2).

Lebih lanjut, fenomena tanah longsor ini sangat mengancam keselamatan masyarakat, yaitu dapat menimbulkan korban jiwa dari bencana tersebut, dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir ini sudah tercatat beberapa peristiwa tanah longsor yang merenggut jiwa seperti contoh, ‘Seorang warga meninggal dunia terdampak tanah longsor di Subang’.

“Beberapa diantaranya menimbulkan korban jiwa,” ucapnya memberitahukan contoh korban jiwa dari tanah longsor.

Maka dari itu perlu diketahui perlunya mengetahui beberapa tanda akan terjadinya tanah longsor untuk masyarakat pahami dan peka terhadap beberapa hal tersebut. Berikut tanda peringatan dini tanah longsor:

– Adanya retakan tanah di sekitar rumah

– Tanaman atau pohon yang miring secara tiba-tiba

– Suara gemuruh dari dalam tanah

– Sumber mata air dan sungai berubah menjadi warna coklat dan keruh

– Tebing yang rapuh dan kerikil berjatuhan

Sehingga, masyarakat diimbau untuk melakukan laporan apabila melihat tanda yang telah disebutkan di atas, lebih baik mencegah dari pada menjadi korban.

“Update bencana jangan tunggu jadi korbannya,” imbuhnya.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER