BerandaPolhukamPilpresPilpres Satu Putaran Bawa Manfaat Lebih ke Rakyat

Pilpres Satu Putaran Bawa Manfaat Lebih ke Rakyat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Himpunan Masyarakat Nusantara (Hasrat) melihat adanya peluang atas kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Kemenangan itu dapat terlihat dari hasil sejumlah survei dari berbagai lembaga survei, dimana elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran, berhasil melampaui tingkat elektabilitas 50 % + 1.

“Dengan tingginya elektabilitas tersebut, kemungkinan besar Prabowo-Gibran akan memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Hal ini merujuk pada konstitusi, peraturan perundang-undangan, dan pengalaman Pilpres 2009 yang juga berlangsung dalam satu putaran,” kata Ketua Hasrat Sugiyanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (7/2).

Menurut Sugiyanto, penyelenggaraan Pilpres 2024 dalam satu putaran membawa berbagai manfaat bagi rakyat Indonesia. Sugiyanto mencatat, setidaknya terdapat 14 manfaat yang dapat dinikmati oleh masyarakat dengan pilpres satu putaran.

Pertama, mengurangi biaya logistik dan administratif Pilpres 2024 hingga sekitar Rp17 triliun. Kedua, efisiensi waktu, menghemat waktu rakyat dengan kampanye yang lebih singkat.

Ketiga, dapat meningkatkan partisipasi pemilih tanpa perlu kembali ke tempat pemungutan suara. Keempat, meningkatkan kemungkinan pemilihan yang tepat karena satu putaran mendorong kandidat untuk menarik perhatian pemilih lebih awal.

Kemudian manfaat kelima yakni dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan program-program pemerintah. Keenam, meminimalkan ketidakpastian politik dengan pemilihan cepat dan hasil yang jelas.

Ketujuh, mendukung stabilitas politik dengan hasil pemilihan yang cepat. Kedelapan, memotong distraksi atau pengalihan perhatian pada kampanye panjang, fokus lebih besar pada isu kebijakan. Kesembilan, meningkatkan kejelasan kepemimpinan dengan pengumuman hasil yang cepat.

Manfaat kesepuluh, mengurangi potensi polarisasi politik atau perbedaan pandangan yang tajam di putaran kedua. Kesebelas, memungkinkan pemerintahan yang lebih cepat dan responsif setelah pemilihan.

Keduabelas, motivasi pemilih untuk memberikan suara sejak awal, meningkatkan keterlibatan politik. Ketigabelas, mengurangi risiko keamanan selama pemilihan dengan waktu yang lebih singkat.

“Keempat belas, mengurangi ketegangan dan ketidakpastian di masyarakat, mendukung keharmonisan setelah pemilihan,” kata Sugiyanto.

Dengan sejumlah manfaat ini, kata Sugiyanto, mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 14 Februari 2024, sejalan dengan jargon ‘Lebih Cepat, Lebih Baik’ untuk kebaikan rakyat Indonesia.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0