BerandaNewsInternasionalAS Sebut Penentuan Serangan Houthi di Laut Merah Didalangi Iran

AS Sebut Penentuan Serangan Houthi di Laut Merah Didalangi Iran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) menyebut bahwa, ada Iran di balik serangan yang ditargetkan milisi Houthi terhadap kapal-kapal yang melintas di Laut Merah.

Pernyataan tersebut mencuat sesuai data dari Departemen Pertahanan AS itu sendiri, dimana hingga kini Houthi telah melakukan penyerangan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 19 November 2023 lalu.

Dalam hal ini, Tim Linderking selaku Utusan Khusus AS, menuding bahwa Iran ikut serta dalam perencanaan strategi penyerangan terhadap kapal-kapal yang melinatas di Laut Merah.

“Perasaan yang kami miliki adalah bahwa Iran mendorong pintu yang terbuka di sini bersama Houthi, membantu, bekerjasama, dan berbagi informasi intelijen, serta membantu mereka dalam menargetkan kapal-kapal, menentukan target-target mana yang lebih menguntungkan,” ungkap Lenderking, seperti dikutip Holopis.com dari Reuters.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebelumnya diketahui, bahwa tujuan Houthi melakukan serangan di Laut Merah merupakan bentuk protes Houthi terhadap serangan Israel atas Hamas di Palestina yang tak berkesudahan hingga saat ini.

Houthi kemudian menargetkan kapal yang bekerja sama dengan Israel, yang melintas di wilayah tersebut. Namun, dikabarkan bahwa Houthi turut menyerang kapal yang tidak ada kaitannya dengan Israel itu sendiri.

Untuk meredam serta mencari cara menghentikan serangan Houthi tersebut, Lenderking lantas berkunjung ke kawasan Teluk pekan ini.

Sebelum keberangkatannya, Lenderking lantas menyampaikan bahwa Iran berperan atas konflik di Laut Merah bersama Houthi.

“Sekali lagi, kita melihat peran yang sangat negatif yang dimainkan Iran di kawasan dengan mengobarkan konflik ini,” ujarnya lagi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Badai dan Banjir China, Ratusan Ribu Orang Harus Dievakuasi

Wilayah China bagian Timur dilanda badai hujan dan banjir yang mengakibatkan sungai-sungai seperti Yangtze meluap.

UPDATE : Jumlah Korban Tewas Terinjak-Injak di Festival Agama India Jadi 121 Orang

Jumlah Korban tragedi terinjak-injak di India dalam festival keagamaan telah meningkat. Sebanyak 121 orang meninggal dunia di Uttar Pradesh, India utara. Peristiwa tragis ini terjadi selama pertemuan keagamaan Hindu yang sangat padat.

Joe Biden Ternyata Ngantuk dan Hampir Molor Saat Debat Capres Lawan Donald Trump

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengakui bahwa penampilannya dalam debat presiden minggu lalu tidak memuaskan.

116 Orang Tewas Terinjak-injan di Acara Festival Keagamaan India

Sebuah pertemuan keagamaan di desa Hathras, Utter Pradesh, India, berakhir menjadi tragedi memilukan ketika lebih dari 116 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas terinjak-injak. I

Mobil Lawan Arah Tewaskan 9 Orang di Korea Selatan

Sebanyak 9 orang meninggal dunia dan 4 lainnya luka-luka akibat ditabrak mobil di Seoul, Korea Selatan pada hari Senin (1/7).

Joe Biden Tampil Kacau Saat Debat Capres, Dinilai Kurang Persiapan

Perdebatan sengit antara Presiden Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump pada debat capres Amerika Serikat 2024, telah memicu kontroversi yang luas, hingga mempertanyakan keputusan strategis dari tim senior Biden.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS