Prakiraan Cuaca Jatim Senin (5/2) : Ada Potensi Hujan Petir, Cek Sebaran Wilayahnya

HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Senin 5 Februari 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca Jatim bakal diawali dengan cuaca cerah berawan hingga hujan ringan pada pagi ini. Namun dalam kolom peringatan dini BMKG, cuaca Jatim pada pagi ini juga berpotensi diguyur hujan yang bahkan dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis BMKG seperti dikutip Holopis.com.

Adapun secara rinci, potensi hujan petir tersebut terjadi pada pagi hari ini di wilayah ab. Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Jember, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep.

Kemudian pada siangnya, potensi hujan dengan kondisi yang sama juga diprediksi terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri.

Kemudian wilayah Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Kota Kediri, Pamekasan dan Sampang.

Selanjutnya pada malamnya, cuaca Jatim juga berpotensi turun hujan petir di wilayah Magetan, Kab. Blitar, Kota Kediri, Kab. Probolinggo dan Sumenep.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jatim pada hari ini.

Menurut prediksi BMKG, suhu udara di Jatim hari ini diprakirakan bakal berkisar antara 17-29 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 75-95 persen.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER