Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kasih Dia Tau : Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Tangan Terjepit Pintu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kecelakaan kecil seperti tangan kejepit adalah hal yang sulit dihindari dan pasti pernah dialami siapa saja. Saat tangan kejepit, biasanya memberikan sensasi yang sangat sakit hingga membuat Sobat Holopis tidak bisa berpikir jernih.

Otomatis pertolongan pertama yang dilakukan pun bisa keliru dan malah tidak membantu mempercepat proses penyembuhan.

Jangan langsung panik Sobat Holopis, Holopis.com sudah merangkum pertolongan pertama bagi Sobat Holopis yang tangannya kejepit.

Sobat Holopis bisa meminta bantuan teman di lokasi, atau bisa juga ikuti tips ini sendirian dengan seksama.

1. Dinginkan dengan Air Dingin
Jika mungkin, rendam tangan yang kejepit dalam air dingin atau letakkan kantong es yang dibungkus kain tipis di atasnya. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

2. Gunakan Pembalut Tekanan
Jika terdapat perdarahan atau memar, gunakan pembalut tekanan untuk membantu mengendalikan perdarahan dan mengurangi pembengkakan.

3. Berikan Dukungan Psikologis
Jangan lupakan aspek psikologis. Berikan dukungan moral kepada korban untuk meredakan kepanikan dan kecemasan yang mungkin dialami.

4. Hindari Konsumsi Obat-obatan Tanpa Petunjuk Medis
Jangan memberikan obat pereda nyeri tanpa petunjuk medis. Bicarakan dengan petugas medis atau dokter sebelum memberikan obat tertentu.

5. Jangan Biarkan Tangan Kembali Terjepit
Usahakan menghindari situasi di mana tangan dapat terus terjepit. Ambil tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang.

6. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi
Setelah situasinya teratasi, perhatikan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak yang berlebihan, atau bau yang tidak normal.

Konsultasikan dengan dokter jika ada gejala infeksi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru