BerandaNewsEkobizJelang Ramadan, Mendag Zulhas Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Jelang Ramadan, Mendag Zulhas Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menjamin kondisi ketersediaan pangan, utamanya beras pada momen menjelang bulan Ramadan ini masih dalam kondisi yang aman.

“Seluruh persediaan cukup, terutama beras,” ujar Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (4/2).

Zulhas mengakui, bahwa sebelumnya pasokan beras dalam negeri memang terbilang terbatas. Namun berkat adanya impor beras, permasalahan pasokan beras teraebut kini telah terselesaikan.

“Memang ada gangguan suplai (beras) dalam negeri, oleh karena itu kemarin sudah impor (beras) 2 juta ton lebih dan tahun ini juga lebih dari 2 juta ton,” ucapnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi juga telah memastikan Stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dalam kondisi aman dan mencukupi untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Impor beras yang dilakukan oleh pemerintah pun, kata Arief, dilakukan sebagai bagian dari upaya menguatkan stok CBP tersebut.

“Stok beras kita cukup sampai peak season nanti. Kita tahu Februari ada Pemilu, Maret ada Ramadan dan April nanti Idul Fitri,” ujar Arief, Kamis (18/1) lalu.

Dia menyebut, untuk pasokan dari dalam negeri diproyeksikan hampir 1 juta ton beras di Januari 2024. Sementara kebutuhan bulanan mencapai 2,5 juta ton – 2,6 juta ton. Arief memprediksi kekurangan beras pada awal tahun sekitar 2,8 juta ton.

“Tapi kita akan cover dengan yang carry over 2023 dan importasi yang masuk di 2024. Jadi saya rasa cukup stoknya,” katanya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS