BerandaNewsEkonomiIngat, Pekerja Berhak Terima Upah Lembur saat Kerja di Hari...

Ingat, Pekerja Berhak Terima Upah Lembur saat Kerja di Hari Pemungutan Suara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menegaskan, bahwa para pekerja atau buruh yang bekerja pada hari pemungutan suara Pemilu 2024, yakni pada 14 Februari mendatang berhak mendapatkan upah kerja lembur

Hal itu disampaikan Ida dalam Surat Edaran No.1/2024 tentang Pelaksanaan Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh pada Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Pekerja/buruh yang bekerja pada hari pemungutan suara berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur resmi sesuai denagn ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya sebagaimana dikutip Holopis.com dari surat edaran tersebut, Minggu (4/2).

Ketentuan tersebut sebagaimana tertuang dalam pasal 167 ayat 3 Undang-Undang No.17/2017 tentang Pemilu, pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional.

Selain itu, pemerintah juga mengharuskan pengusaha untuk memberi kesempatan kepada para pekerja untuk menunaikan hak pilihnya. Jika pada hari Pemilu para pekerja harus bekerja, Ida meminta pengusaha untuk mengatur waktu kerja.

“(Sehingga) pekerja/buruh tetap dapat menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Surat edaran ini ditujukan kepada gubernur di seluruh Indonesia dan diharapkan dapat disampaikan kepada bupati/walikota serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

“Diminta kepada saudara untuk menyampaikan surat edaran ini kepada bupati/walikota serta pemangku kepentingan terkait di wilayah saudara,” tegas Ida.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0