HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menjanjikan akan segera mencari pengganti definitif Mahfud MD di kursi Menko Polhukam RI.

Hal itu disampaikan menjawab pertanyaan mengenai kapan reshuffle kabinet akan kembali dilakukan oleh Presiden Jokowi menjelang akhir masa jabatannya.

“Secepatnya,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (3/2).

Jokowi pun memastikan bahwa pengganti Mahfud MD nantinya tidak bakal dipilih dari kalangan partai politik,melainkan dari pihak profesional. Pasalnya, Mahfud diketahui bahwa bukan berasal dari kalangan partai politik. Dimana Mahfud MD dijadikan Menko Polhukam usai gagal menjadi cawapres.

“(dari) non parpol,” tegasnya.

Mahfud MD Terakhir Jadi Menkopohukam - holopis
Mahfud MD datang ke kantor Kemenko Polhukam di hari terakhirnya menjadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju pada hari Jumat, 2 Februari 2024. [foto : ist]
Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi telah menandatangani surat Keputusan Presiden mengenai pemberhentian Mahfud MD dari jabatannya sebagai Menko Polhukam.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, surat Keppres tersebut telah ditandatangani Jokowi pada hari ini.

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” kata Ari, Jumat (2/1).

Ari kemudian juga mengatakan, Presiden Jokowi telah menunjuk nama Mendagri Tito Karnavian untuk mengisi sementara posisi Menko Polhukam.

“Serta penunjukan Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menkopolhukam definitif,” ungkapnya.