HOLOPIS.COM, SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis prakiraan cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Kamis 1 Februari 2024.

Berdasarkan data prakiraan cuaca yang dihimpun Holopis.com dari laman BMKG, cuaca Jatim pada pagi hari ini bakal didominasi oleh cuaca cerah berawan hingga hujan ringan.

Namun dalam kolom peringatan dini BMKG, cuaca Jatim pada pagi ini juga berpotensi diguyur hujan yang bahkan dapat disertai sambaran petir atau kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis BMKG.

Adapun secara rinci, potensi hujan petir tersebut terjadi pada pagi hari ini di wilayah Kab. Mojokerto, Kab. Kediri, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sampang.

Kemudian pada siangnya, potensi hujan dengan kondisi yang sama juga diprediksi terjadi di wilayah Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Kab. Madiun, Ponorogo, Kab. Blitar, Kab. Kediri.

Kemudian Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sampang. Dan malamnya di wilayah Lumajang.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jatim pada hari ini.

Menurut prediksi BMKG, suhu udara di Jatim hari ini diprakirakan bakal berkisar antara 19-30 derajat celcius, dengan kelembapan di rentang 70-95 persen.