BerandaNewsRagamIni Perubahan Gunung Merapi Sebelum dan Sesudah Erupsi Eksplosif Tahun 2010

Ini Perubahan Gunung Merapi Sebelum dan Sesudah Erupsi Eksplosif Tahun 2010

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terlihat sekali perubahan yang dialami Gunung Merapi, sebelum dan sesudah terjadinya Erupsi Eksplosif tahun 2010 silam, dimana kejadian kala itu menimbulkan luka yang mendalam bagi masyarakat sekitar.

Dipantau Holopis.com dari Instagram @bpptkg, Kamis (1/2), sangat jauh sekali perbedaan kondisi puncak Gunung Merapi, yang dulunya megah, namun sekarang sudah terkikis akibat Erupsi dahsyat yang terjadi 2010.

Erupsi Eksplosif di gunung Merapi yang sudah hampir 14 tahun lalu, diketahui turut memuntahkan material sekitar 130 Juta Meter Kubik dan membentuk kawah di atasnya.

“Erupsi eksplosif Gunung Merapi tahun 2010 memuntahkan material 130 Juta meter kubik dan membentuk kawah dengan diameter 500m,” tulis caption.

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, dari letusan yang terjadi tersebut, Gunung Merapi jadi memiliki bukaan kawah yang menghadap ke selatan dan tenggara.

“Dengan bukaan kawah menghadap ke selatan dan tenggara,” tulis caption.

Perlu diketahui, memang Erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu merupakan letusan yang sangat luar biasa, bahkan dampaknya dapat dirasakan sampai berhari-hari dan bahkan sampai dirasakan di beberapa daerah sekitar.

Banyak korban yang berjatuhan di saat insiden itu terjadi, salah satunya juru kunci Gunung Merapi, yaitu Mbah Marijan yang meninggal dalam dekapan awan panas Gunung Merapi.

Bahkan masyarakat banyak sekali kehilangan anggota keluarga dan merasa trauma atas meletusnya Gunung Merapi tersebut.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan senilai 18 miliar rupiah kepada Pemerintah Papua Nugini.

Pamer Kondisi Fit, Prabowo Lari Kecil dan Pose Gaya Silat di Istana

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunjukan kondisinya kian sehat pasca menjalani operasi kakinya beberapa waktu lalu.

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS