HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batuk yang tak kunjung sembuh bisa membuat Sobat Holopis merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika ingin mencoba mengobati batuk dengan cara alami selain obat, ada beberapa tips melegakan batuk dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah.

1. Teh Madu
Berdasarkan penelitian, ternyata minum teh madu bisa meredakan batuk secara alami. Cara membuatnya juga sangat mudah loh Sobat Holopis.
Caranya, campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat dan bisa juga tambahkan teh. Minum seduhan tersebut sekali atau dua kali sehari.

2. Jahe
Jahe juga bisa meredakan batuk karena memiliki sifat anti inflamasi. Cara mengonsumsi jahe juga tidak sulit.

Caranya, siapkan 20-40 gram irisan jahe segar, masukkan irisan jahe ke air panas atau teh. Biarkan beberapa menit, kemudian minum air jahe tersebut selagi hangat.

3. Buah Nanas
Siapa sangka, mengonsumsi nanas bisa mengurangi lendir tenggorokan dan menekan batuk. Hal itu karena nanas mengandung enzim yang berlimpah.

Enzim yang ada di buah nanas adalah bromelain, yang bisa memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

4. Kumur-kumur dengan Air Asin
Tak hanya mengatasi sariawan, air garam juga memiliki kemampuan untuk mengurangi dahak serta lendir di bagian belakang tenggorokan, sehingga bisa mengurangi keinginan untuk batuk.

Caranya juga tidak sulit, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat dan aduk hingga larut.

Kemudian kumur-kumur dan biarkan berada di tenggorokan sekitar beberapa saat sebelum akhirnya dimuntahkan.

Demikian cara-cara alami mengurangi batuk dengan cara alami. Semoga cepat sembuh, Sobat Holopis!