BerandaNewsEkobizSri Mulyani Tegaskan Program Bansos Tak Ada Kaitannya dengan Politik

Sri Mulyani Tegaskan Program Bansos Tak Ada Kaitannya dengan Politik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, bahwa program bantuan sosial atau bansos merupakan instrumen yang ada dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam merespon polemik pembagian bansos menjelang Pemilu 2024 yang dinilai menguntungkan sejumlah pihak saja.

“Bansos itu adalah instrumen dalam APBN, APBN adalah undang-undang, undang-undang APBN itu dibahas bersama seluruh partai politik di Senayan dan sesudah menjadi undang-undang. Dia menjadi instrumen negara bersama,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (30/1) yang dikutip Holopis.com.

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa semua partai politik telah membahas terkait anggaran sejumlah program pemerintah, salah satunya program bansos ini bersama pemerintah, dimana anggaran bansos tahun 2023 disepakati sebesar Rp476 triliun

Penerbit Iklan Google Adsense

“Mengenai APBN itu sebagai instrumen, dalam Bansos 2023, di situ ada PKH untuk 9,9 juta kelompok penerima kartu sembako 18,7 juta,” tuturnya.

Adapun untuk bansos bantuan langsung tunai (BLT) El Nino pada 2023, kata dia, merupakan upaya untuk menjaga daya beli masyarakat karena kenaikan harga pangan. Sebab saat itu, musim kering memuncak sehingga musim tanamnya pun tergeser.

Untuk subsidi BBM, subsidi listrik, subsidi kredit usaha rakyat, bantuan pangan, katanya, semua itu sudah ada dalam APBN 2023 yang nilainya mencapai Rp476 triliun.

Adapun untuk tahun 2024 ini, anggaran bansos dalam APBN nilainya mencapai Rp496 triliun.

“Ini tentu nanti realisasi dan perkembangannya akan terus kita monitor tetapi poin saya angka Rp476 triliun tahun lalu dan Rp496 triliun tahun ini di dalam undang-undang APBN di bawah oleh pemerintah dibahas oleh DPR dan ditetapkan dalam undang-undang,” jelas Menkeu.

Sehingga jika pemerintah menggunakan APBN, itu adalah uang anggaran pendapatan belanja negara di mana sumbernya dan penggunaannya disetujui DPR.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS