Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Jokowi Tegaskan Militer Harus Sigap Hadapi Cepatnya Perubahan Teknologi

HOLOPIS.COM, JATENG – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengingatkan para calon perwira TNI untuk bisa cepat tanggap beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin masif.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang di Provinsi Jawa Tengah.

Mantan Wali Kota Solo itu pun menjelaskan, landskap ekonomi global sekarang ini bergerak berubah. Sehingga landskap politik global juga ikut mengalami perubahan.

“Disrupsi melanda ke semua negara. Perubahan teknologi juga sekarang muncul di setiap saat dan berubah-ubah begitu sangat cepatnya. Oleh sebab itu, Akademi Militer juga sama, harus mampu dan mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (29/1).

Jokowi kemudian menekankan perlunya sejumlah pendalaman ilmu mulai dari sains, mesin serta matematika dalam pendidikan militer. Terlebih, makin masifnya teknologi yang dikembangkan dengan semakin canggih.

“Semuanya perlu dipelajari karena kalau kita lihat sekarang ini yang namanya kapal tanpa awak sudah sangat biasa, pesawat besar tanpa awak juga biasa, mobil tanpa awak di mana-mana, drone yang dipersenjatai dengan face recognition bisa mengejar sasaran tepat, akurat,” jelasnya.

Oleh karena itu, Jokowi pun menegaskan bahwa Akademi Militer di Malang ini bisa menciptakan para perwira TNI AD yang semakin kuat menghadapi persaingan.

“Di lembah tidar, ini kawahnya para prajurit TNI terbaik angkatan darat, tempat menempa mental, menempa intelektual, dan menempa ketangguhan,” tegasnya.

Jokowi kemudian berharap, pembangunan graha utama seluas 8068 meter persegi ini akan sangat memberikan dorongan kepada para siswa semuanya untuk belajar lebih baik lagi.

“Karena sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih dan semakin modern dan graha utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer,” pintanya.

“Saya harap dengan penambahan fasilitas pendidikan ini, Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan rofesional yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya utk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan Indonesia,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Korupsi CSR BI dan OJK, KPK : Untuk Kepentingan Pribadi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi sejumlah...

KPK Dalami Tan Paulin di Gratifikasi Metrik Ton Batu Bara dan Aliran Uang Rita Widyasari

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami...

Teroris Papua Ajukan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air

Teroris Papua dikabarkan kembali mengajukan proposal penawaran untuk pembebasan pilot Susi Air yang telah lebih dari satu tahun disandera.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru