HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, pelatih Shin Tae-yong (STY) senang dan bangga atas pencapaian tersebut.

Sebelum itu, seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 ditentukan karena kegagalan Oman pada laga pamungkasnya di fase grup.

Dalam pertandingannya, pada Kamis (25/1), Oman harus puas ditahan imbang Kirgistan dengan skor sama kuat 1-1.

Hasil itu kemudian membantu Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat tiga terbaik, dimana skuad Garuda mampu mengunci slot terakhir peringkat terbaik Piala Asia 2023, dengan tiga poin.

Pencapaian tersebut kemudian jadi sejarah baru, sebab ini jadi pertama kalinya Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia 2023.

Menilik hal ini, STY tentu merasa senang dan bangga, bahkan ia menyebut bahwa setiap usaha yang ditampilkan skuad Garuda tidak akan mengecewakan hasil.

STY menyampaikan bahwa Tuhan pun mengetahui bagaimana usaha dan kerja keras yang ditampilkan Timnas Indonesia.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata STY, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” imbuhnya.