HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia akhirnya dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pencapaian itu jadi sejarah baru! Skuad Garuda untuk pertama kalinya tembus ke fase gugur turnamen sepakbola terbesar di Asia tersebut.

Kelolosan Timnas Indonesia itu sendiri berkat hasil imbang Oman kontra Kirgistan pada laga pamungkas Grup F Piala Asia 2023. Dalam pertandingannya, Kamis (25/1), Oman harus puas mendapatkan hasil imbang 1-1.

Oman sejatinya hampir saja meraih kemenangan dan mendepak Timnas Indonesia dari Piala Asia 2023, setelah unggul 1-0 hingga menit 80 jalannya pertandingan. Namun, Kirgistan sukses menyamakan kedudukan skor menjadi 1-1.

Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, bahkan menit tambahan waktu diberikan lebih dari 10 menit, namun Oman tetap gagal memanfaatkannya.

Dengan hasil imbang tersebut, maka Oman hanya mampu mengumpulkan dua poin saja selama fase grup F.

Dengan demikian, apa yang dicapai Oman tak mampu mengejar Timnas Indonesia, Skuad Garuda pun berhak melangkah ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Pencapaian ini pun menjadi spesial, karena Timnas Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah, berhasil melangkah ke fase gugur Piala Asia.

Sebelumnya Timnas Indonesia berkesempatan tampil di Piala Asia edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007, namun selalu gugur di fase grup.

Sebagai informasi tambahan, Timnas Indonesia kemudian akan dipertemukan dengan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, dan akan bermain pada (28/1) mendatang.