HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Jumat 26 Januari 2024.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Holopis.com dari laman resmi BMKG, cuaca Jateng hari ini bakal didominasi oleh cuaca berawan. Namun BMKG melihat adanya potensi hujan yang akan mengguyur wilayah Jateng sejak pagi ini.

Menurut prakiraan BMKG, potensi hujan bakal mengguyur sejumlah wilayah di pesisir utara Jateng pada pagi ini, yang meliputi wilayah Demak, Jepara, Kendal, Kudus, Pati, Rembang, dan Semarang.

Kemudian pada siangnya, cuaca Jateng berpotensi turun hujan yang merata di hampir seluruh wilayah Jateng. Menurut BMKG, intensitas hujan yang terjadi pada siang ini cukup beragam, mulai dari hujan ringan hingga hujan lebat.

Bahkan dalam kolom peringatan dini BMKG, terdapat potensi sambaran petir dan angin kencang yang akan melanda wilayah pegunungan hingga dataran tinggi, SOlo Raya, dan sekitarnya. Serta adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan sebagainya.

Secara rinci, potensi hujan yang dapat disertai sambaran petir diprediksi terjadi di wilayah Boyolali, Klaten, Mungkid, Salatiga, Sukoharjo, Surakarta, dan Wonogiri.

Selanjutnya pada malamnya, BMKG juga melihat potensi hujan masih akan terjadi di sejumlah wilayah Jateng. Meskipun secara umum, cuaca Jateng bakal didominasi oleh cuaca berawan pada malam ini.

Pun untuk wilayah Jateng yang masih berpotensi turun hujan pada malam ini yakni wilayah Brebes, Pekalongan, Pemalang, Slawi, dan Tegal.

Selain informasi terkait prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga menyampaikan informasi terkait prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jateng pada hari ini, dimana suhunya bakal berkisar 22-30 derajat celcius, dengan kelembapan 60-90 persen.