HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas prestasi Timnas Indonesia yang lolos 16 besar Piala Asia.

Jokowi pun menyampaikan, dengan hasil yang diraih para pemain itu menunjukan bahwa Indonesia sebenarnya mempunyai kemampuan jika dilakukan dengan kerja keras.

“Alhamdulillah, Alhamdulillah saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun kembali menyampaikan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan meski lolos dengan cara yang mengejutkan.

“Dan saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar. Tentu saja selamat juga untuk PSSI ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia,” tegasnya.

Jokowi kemudian berharap agar penampilan pemain Indonesia pada laga selanjutnya bisa memetik hasil yang maksimal.

“Kita harapkan nanti di pertandingan besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin,” pungkasnya.

“Selamat selamat,” sambungnya.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, berkat kegagalan Oman menaklukan Kirgistan di laga pamungkas Grup F Piala Asia 2023.

Dalam pertandingannya, Kamis (25/1), Oman harus puas mendapatkan hasil imbang dengan skor 1-1, dimana hal itu otomatis membuat Oman angkat koper dari Piala Asia 2023, karena hanya mengumpulkan dua poin saja.

Sementara itu, Timnas Indonesia yang berbekal sekali kemenangan saat fase grup, berhasil mengunci slot terakhir/posisi empat klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023, dengan tiga poin.

Lolosnya Timnas Indonesia itu kemudian sekaligus mengukir sejarah baru bagi persepakbolaan Tanah Air, dimana Timnas Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah, sukses melangkah ke fase gugur Piala Asia.