HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 26 Januari 2024 merupakan hari ulang tahun dari maskapai penerbangan Indonesia yang terdengan, yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Pada tahun ini, Garuda Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke 74 tahun.

Garuda Indonesia adalah maskapai Indonesia yang didirikan pertama kali pada 26 Januari 1949. Saat itu, maskapai Garuda bernama Indonesian Airways. Lalu tak lama setelah itu dalam beberapa bulan saja pada tanggal 21 Desember 1949, Indonesian Airways berubah nama menjadi Garuda Indonesia Airways.

Pada tahun 1955, Garuda Indonesia saat itu bahkan sudah meresmikan penerbangan haji menuju Jeddah dari Jakarta. Transit perjalanan itu mencakup Bangkok, Kolkata, Karachi, dan Sarjah.

Saat itu, Garuda Indonesia baru memiliki 27 pesawat terbang, staf yang terdidik serta jadwal penerbangan konsisten. Hal ini membuat Garuda menjadi salah satu maskapai Asia terbaik saat itu.

Sejarah Singkat Garuda Indonesia

Mulai memasuki tahun 1980an, Garuda Indonesia mulai semakin melebarkan sayapnya. Maskapai ini meluaskan jaringan penerbangannya secara teratur ke Adelaide, Cairo, Fukuoka, Johannesburg, Los Angeles, Paris, Roma, dan kota-kota lainnya di Eropa, Asia, dan Australia.

Di tahun 2009, Garuda Indonesia pun melakukan perombakan besar-besaran, mulai dari merombak bentuk, corak, logo, hingga seragam. Akhirnya, Garuda mendapatkan penghargaan seperti Most Improved Airline, 5-Star Airline, serta World’s Best Cabin Crew dari penghargaan international, Skytrax.

Mengapa Nama Garuda Dipilih?

Sebelum ulang tahun Garuda Indonesia, di tanggal 25 Desember 1949, pesawat KLM dari Belanda yang sudah diberikan ke Indonesia akan segera menerbangkan Soekarno dari Yogyakarta ke Jakarta.

Presiden Soekarno pun diminta untuk memberikan nama kepada maskapai tersebut, karena nantinya nama itu akan dicatat dalam sejarah.

Akhirnya, Soekarno pun mengutip satu baris dari sajak berbahasa Belanda yang sudah digubah oleh Raden Mas Noto Soeroto, Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden (Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu).

Kemudian, Garuda Indonesian Ariways pun mengukir sejarah dengan membawa Presiden Soekarno dari Yoggyakarta ke Jakarta untuk acara pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia.