HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali menilai bahwa, performa Timnas Indonesia secara keseluruha semakin membaik. Hal tersebut diungkapkannya selepas skuad Garuda kalah kontra Jepang di laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023.

Sebelumnya diketahui, laga Jepang vs Timnas Indonesia digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1). Skuad Garuda kalah 3-1 pada pertandingan tersebut.

Dalam pertandingannya, skuad Garuda harus tertinggal tiga gol secara langsung dari Jepang. Timnas Indonesia sendiri baru bisa mencetak satu gol melalui Sandy Walsh di menit tambahan waktu.

Meski begitu, Amali tetap mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia, yang mampu melayani superioritas permainan Jepang.

“Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita saya kira melawan negara dengan peringkat jauh di atas kita, tapi bisa meladeni permainan Jepang,” kata Zainudin Amali seusai nonton bareng bersama media di GBK Arena, Jakarta, Rabu (24/1).

“Secara keseluruhan saya melihat bahwa timnas kita semakin baik performanya, apalagi kemarin sudah sampai mengalahkan Vietnam,” tambah Zainudin Amali.

Lanjutnya, Amali menerangkan bahwa Timnas Indonesia berpotensi untuk menjadi lebih baik lagi jika dilihat dari performa selama babak grup. Skuad Garuda sebelumnya kalah 1-3 atas Irak dan menang 1-0 kontra Vietnam.

“Itu saya kira harapan baru buat kita dan ini anak-anak banyak yang akan main untuk Piala Asia U-23, jadi tentu PSSI berharap kita bisa lanjut lagi walaupun nasib kita ditentukan oleh negara lain.”

“Tapi namanya juga harapan, mudah-mudahan itu akan terwujud,” tukasnya.

Kans Indonesia ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya adalah Bahrain kalah minimal 0-2 atau lebih dari Yordania. Selain itu, Oman juga tidak boleh menang atas Kirgistan.