BerandaNewsEkobizOJK Sorot Perilaku Keuangan Anak Muda : Ada yang Cicilannya 95 Persen...

OJK Sorot Perilaku Keuangan Anak Muda : Ada yang Cicilannya 95 Persen dari Penghasilan

HOLOPIS,COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyoroti perilaku keuangan para anak muda dalam menggunakan layanan keuangan, seperti layanan buy know pay later (BNPL) atau yang biasa disebut dengan istilah paylater.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi bercerita, terdapat anak muda yang memiliki cicilan paylater yang di luar dari batas kewajaran.

“Kalau dilihat data di BNPL, itu biasanya ada market update bulanan, konsumen ada yang cicilan per bulan itu rata-rata 95 persen dari penghasilan,” kata Friderica dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (22/1).

Dengan rata-rata tersebut, kata dia, terdapat konsumen yang memiliki rata-rata cicilan paylater lebih dari penghasilan yang didapat per bulannya. Padahal, rata-rata cicilan yang disetujui oleh perbankan hanya sebesar 30 persen dari penghasilan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kalau ini gaji Rp 10 juta, tetapi 9,5 juta buat bayar utang. Itu gimana? Itu bagaimana dia kehidupannya,” imbuhnya.

Friderica pun mengatakan, bahwa sebagian besar anak muda menggunakan layanan keuangan seperti pinjaman online dan paylater untuk keperluan yang bersifat konsumtif.

“Kadang cuma buat makan sama pacar, atau beli baju. Mereka tidak tahu kalau itu akan gulung menjadi utang yang mereka harus tetap bayar,” terang dia.

Dia pun mengingatkan, bahwa kredit macet tidak hanya berdampak pada sektor keuangan di masa yang akan datang, tetapi juga akan pengaruh kepada anak muda yang ingin mencari kerja. Pasalnya, banyak perusahaan yang saat ini sudah memperhitungkan kondisi keuangan para pelamar kerja.

“Kami mengajak anak-anak bertanggung jawab secara keuangan,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS