HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktris cantik Nana Mirdad terenyuh usai menemukan seorang bayi yang tampak baru lahir di semak-semak sekitar rumahnya. Ia menduga bahwa bayi tersebut memang sengaja dibuang oleh orang tuanya.

“Banyak yang menginginkan anak, tapi belum mendapatkan. Banyak orang yang diberkati dengan keturunan, disia-siakan,” tulis Nana dalam caption Instagramnya @nanamirdad_ seperti dikutip Holopis.com, Miggu (21/1).

Bayi tersebut akhirnya diambil oleh Nana dan dibawanya ke pusat pelayanan kesehatan untuk dilakukan pengecekan kesehatan. Beruntung bayi tersebut baik-baik saja.

Wanita kelahiran Jakarta 38 tahun silam dan bernama lengkap Hanna Natasya Maria Mirdad tersebut bertekad untuk mengurus dan membesarkan bayi tersebut dengan penuh kasih sayang.

“Hari inibiat jadi pengingat untuk kita semua, sayangi dan rawatlah apa yang ada di depan mata kita. Berkat yang kurang bisa kita syukuri adalah doa dan harapan yang dinanti-nantikan banyak orang,” tukasnya.

Tanpa Pakaian dan Alas Hingga Tali Pusar Masih Utuh

Di sisi lain, ada hal yang cukup memilukan baginya saat menemukan bayi tersebut. Yang mana kondisinya sangat memprihatinkan yakni diletakkan begitu saja di semak belukar tanpa alas, tanpa pakaian, bahkan tali pusarnya pun masih utuh.

“Bayi baru lahir, dibuang di semak-semak dekat rumah. (Kondisinya) telanjang, masih ada tali pusar, tanpa alas, tanpa kalin sepotong pun di badan anak ini,” jelas Nana.

Penemuan bayi tersebut dikatakan Nana berkat asisten rumah tangganya yang bernama Tika, saat itu ia melihat seonggok bayi tergeletak begitu saja di semak-semak di dekat rumahnya yang ada di Bali.

Beruntung tak ada binatang yang memangsa bayi tersebut. Karena menurut Nana, banyak berkeliaran binatang seperti biaak, anjing, bahkan terkadang ada ular di sekitar semak-semak tersebut.

“Semak-semak ini tempat banyak biawak dan anjing yang berkeliaran. Bahkan kadang ulari piton,” paparnya.

Saat dibawa ke UGD Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut, Nana menyebut bahwa kondisi kulit bayi tersebut sudah membiru karena hypotermia. Namun ia masih bersyukur bahwa si bayi masih selamat sehingga ia menganggapnya ini bagian dari berkat Tuhan.

“Bayi ini beruntung sekali masih selamat. Saat bayi ini dibawa ke rumah sakit, kulitnya mulai membiru,” sambungnya.

Marah

Istri Andrew White tersebut menyampaikan kemarahannya kepada orang tua bayi tersebut. Jika memang tidak mau menerima kelahiran bayinya, sebaiknya jangan dibuang seperti itu. Sebab, seburuk apa pun kondisinya, bayi tak layak diperlakukan semacam itu orang tuanya sendiri.

“Jika memang tidak mau mengurus anak, banyak opsi selain membuang di semak belukar seperti ini. Hubungi dinas sosial, titipkan ke yayasan dan lain-lain, atau setidaknya, taruh di depan pagar rumah warga agar bayi ini bisa dirawat dengan layak,” tukas Nana.