HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar debat keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada hari ini, Minggu (21/1) pukul 19.00 WIB.

Dalam debat kali ini, KPU RI akan menghadirkan tiga calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Para cawapres tersebut akan berkumpul di satu panggung beradu gagasan dan argumen mereka tentang tema yang akan diangkat, yang meliputi pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA) dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Masyarakat dapat menyaksikan jalannya debat keempat ini melalui live streaming yang disediakan KPU dan Holopis.com.

Adapun jalannya debat keempat ini tidak berbeda dengan debat sebelumnya, dimana mereka akan dipandu oleh dua orang moderator yang telah ditetapkan oleh KPU, yakni Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Nantinya, para cawapres juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh 11 orang panelis, yang kompeten di bidangnya masing-masing, yang tentunya sesuai dengan tema debat pada hari ini.

Berikut daftar 11 nama panelis debat keempat:

  1. Prof Dr Ir Abrar Saleng SH MH (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).
  2. Dr Arie Sujito SP MSi (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).
  3. Prof Dr Arif Satria SP MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).
  4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).
  5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).
  6. Prof Dr Ir Haryadi Kartodihardjo MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanaan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).
  7. Prof Dr Ir Ridwan Yahya MSc (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
  8. Rukka Sombolinggi SP MA (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).
  9. Prof Sudharto P Hadi PhD (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).
  10. Prof Dr Sulistiyowati Irianto MA (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).
  11. Ir Tubagus Furqon Sofhani MA PhD (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung).