HOLOPIS.COM, PAPUA – KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) membakar sebuah bangunan yang diketahui adalah rumah dinas milik anggota DPRD Intan Jaya , Papua Tengah.

Hal itu dikonfirmasi oleh Dansatgas Yonif 300/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto mengenai kejadian yang berlangsung di daerah Intan Jaya pada Sabtu (20/1) malam.

“Benar telah terjadi aksi pembakaran rumah dinas anggota DPRD Kabupaten Intan Jaya,” kata Dedy dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (21/1).

Pembakaran ini diketahui berlangsung tepatnya di daerah Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya. Selain membakar, KKB juga meneror masyarakat setempat.

“KKB juga merusak fasilitas yang dibangun pemerintah, dan melakukan teror yang menyebabkan situasi keamanan menjadi tidak kondusif,” terangnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa atas insiden penyerangan KKB tersebut, sejumlah warga pun terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Mengungsikan warga di rumah salah satu tokoh masyarakat di Kampung Mamba,” imbuhnya.

Aksi pembakaran ini bahkan diketahui dilakukan KKB terjadi usai penyerangan terhadap Satgas Damai Cartenz di Kampung Bilogai yang juga berada dalam area Distrik Sugapa pada Jumat (19/1) kemarin.

Serangan itu kemudian justru mengakibatkan seorang anggota Polri atas nama Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur.

“Setelah sehari sebelumnya aksi yang dilakukan KKB menyebabkan gugurnya personel Brimob Satgas Damai Cartenz,” ujarnya.

Dedy menegaskan, aparat bakal menindak tegas KKB yang terlibat dalam rangkaian aksi kriminalitas ini. Dia menambahkan, saat ini aparat sedang menghalau KKB tersebut agar tidak masuk ke Distrik Sugapa.

“Tak mau tinggal diam, Satgas 330 Tri Dharma segera melakukan penindakan untuk menghalau KKB masuk lebih jauh ke jantung kota Sugapa,” pungkasnya.