Rabu, 2 Oktober 2024
Rabu, 2 Oktober 2024
NewsEkobiz3 Juta Ton Beras Impor Bakal Guyur RI Tahun Ini

3 Juta Ton Beras Impor Bakal Guyur RI Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah akan mendatangkan 3 juta ton beras di tahun 2024 ini.

“Pemerintah sudah memutuskan untuk impor juga di tahun ini 3 juta ton, di mana 2 juta sedang berproses di Bulog,” kata Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (20/1) yang dikutip Holopis.com.

Airlangga menjelaskan, bahwa sepanjang tahun 2023, pemerintah mengimpor 3,5 juta ton beras. Namun 500 ribu ton diantaranya baru akan terealisasi di Januari 2024.

“Beras itu tahun kemarin kita impor sekitar 3,5 juta [ton]. 3 juta sudah masuk, 500 ribu diharapkan masuk di bulan Januari ini,” terang Airlangga.

Airlangga menjelaskan, importasi beras yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk mengatasi defisit beras nasional hingga 2,3 jutra ton, akibat El Nino yang terjadi di Indonesia beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, bahwa langkah impor beras merupakan langkah pemerintah dalam menutupi defisit beras pada Januari-Februari 2024.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat gap antara kebutuhan beras nasional dengan produksi pada Januari-Februari 2024, yang sebesar 2,8 juta ton.

Maka di awal tahun ini, pemerintah akan melakukan importasi beras sebesar 2 juta ton untuk menutupi gap tersebut. Rencana tersebut, kata Arief, telah mengantongi izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami laporkan kepada Pak presiden, tahun lalu Pak Presiden sudah menyetujui dalam rapat internal untuk melakukan importasi 2 juta ton,” kata Arief pada Kamis (18/1) lalu.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

OJK Catat Investor Kripto di Indonesia Capai 20,9 Juta Orang

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah investor aset kripto atau crypto di Indonesia per akhir Agustus 2024 telah mencapai 20,9 juta investor.

OJK Klaim Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga Positif

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar mengklaim stabilitas sektor jasa keuangan tetap terjaga stabil dan pasar keuangan terus menunjukkan kinerja positif.

Cek Daftar BBM Pertamina Terbaru Per 1 Oktober 2024

PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, yaitu Pertamax, Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex per 2 Oktober 2024.

Sektor Pariwisata Membaik, BPS Catat Kunjungan Wisman di Agustus 2024 Naik

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia pada periode bulan Agustus 2024 mengalami peningkatan.