HOLOPIS.COM, JAKARTA – Layanan internet sudah menjadi kebutuhan primer karena sudah mempengaruhi hampir semua aktivitas kehidupan masyarakat. Baik untuk bekerja, bermain game atau yang lainnya. Bahkan orang yang sudah terbiasa dengan akses internet akan sangat galau jika terputus dari jaringan tersebut.

Nah, terkadang ada masalah yang cukup menjengkelkan dengan persoalan akses internet. Di mana perangkat laptop atau PC tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi melalui router yang ada di rumah atau kantor. Sementara ketika mengakses internet dengan jaringan tersebut melalui HP malah terkoneksi dengan baik.

Jika Sobat Holopis menemukan kendala semacam itu, jangan langsung panik dan marah-marah ya. Sebab, ada solusi yang patut dicoba nih agar bisa mengakses internet dengan laptop sekalipun ada masalah teknis di jaringan WiFi.

Caranya adalah dengan memanfaatkan HP atau smartphone untuk menyalurkan jaringan internet dari router atau modem rumah/kantor ke laptop.

Susah ?, ah tidak juga. Caranya mudah sekali asalkan ikuti saja langkah demi langkahnya di bawah ini.

1. Aktifkan layanan bluetooth di HP

Sebelum memulai ini, pastikan smartphone atau HP Sobat sudah terhubung dengan WiFi ya. Selanjutnya, kamu bisa tarik atau gulir layar dari atas hingga fitur head tampil. Di sana akan ada banyak icon fitur yang muncul, salah satunya adalah bluetooth. Nah, pastikan ikon bluetooth di perangkat ponsel kamu aktif ya Sobat.

Fitur Bluetooth
Aktufkan fitur bluetooth di ponsel.

2. Masuk ke Jaringan di HP

Silakan masuk ke Penganturan > Jaringan & internet > Hotspot & teathring. Setelah itu pastikan yang diaktifkan adalah Tethering bluetooth.

Pengaturan Jaringan di HP
Pengaturan Jaringan di HP.

3. Setting Jaringan di Laptop Windows

Setelah pengaturan di ponsel rampung dilakukan, saat ini kamu harus melakukan pengaturan di laptop. Caranya adalah masuk ke Control Panel > Network and Sharing Center > Change adapter settings.

Network and Sharing Center
Masuk ke fitur Network and Sharing Center.

4. Setting Jaringan Bluetooth di Laptop

Jika kamu mengikuti instruksi secara urut, maka saat ini layar laptop Sobat akan menampilkan halaman Network Connection. Pastikan ada fitur Bluetooth Network Connection di dalamnya.

Silakan klik kanan di icon Bluetooth Network Connetion > View Bluetooth Network Services > Add Devices. Tunggu sampai bluetooth laptop Sobat menemukan bluetooth perangkat HP.

Network Connections
Cari sambungan jaringan via Bluetooth Device.

5. Hubungkan Jaringan via Bluetooth

Apabila bluetooth ponsel dikenali oleh laptop kamu, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkannya sehingga bisa sharing jaringan internet. Caranya adalah ; klik kanan pada bluetooth HP yang sudah dikenali tadi, kemudian klik Connect Using > Access Point.

Koneksi Perangkat
Lakukan sambungan Bluetooth.

Tunggu sampai icon bola dunia di pojok kanan bawah berubah menjadi icon PC dan Kabel. Jika sudah, silakan lakukan pengujian akses internet.

Icon Network
Icon jaringan internet akan berubah, dari icon bola dunia menjadi icon koneksi PC.

Semoga berhasil.