BerandaKesehatanRuang HealingPsikolog : Gejala ADHD Dapat Dilihat Ketika Main dengan Teman Sebaya

Psikolog : Gejala ADHD Dapat Dilihat Ketika Main dengan Teman Sebaya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – ADHD memang menjadi persoalan gangguan psikologis yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat, apalagi semenjak Fuji menyatakan bahwa dirinya mengidap gangguan tersebut.

Menurut Rizky Purnomo Adji Churnawan selaku Psikolog Klinis, kita bisa sangat melihat suatu gejala yang dilakukan oleh seorang anak di saat dia sedang beraktivitas.

“Ya jadi memang terjadi pada ADHD, karena ADHD adalah keunikkan otak, jadi dibawa sejak lahir sudah pastinya, tapi kita bisa lihat gejalanya ketika anak itu sudah mulai beraktivitas,” ucap Rizky yang dikutip dari laman YouTube Holopis Channel.

Sementara, ADHD ini sudah bisa dilihat dari anak usia pra-sekolah atau sekitar usia 3 sampai 6 tahun, dan kita lihat perilaku dia ketika bermain dengan teman sebayanya.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Dimana umur itu pra-sekolah, sebelum sekolah dasar gitu, seperti 3 sampai 6 tahun, kita bisa lihat tuh ketika main sama temen-temennya,” katanya.

Menurut Rizky, pada penderita ADHD, anak tersebut dapat menahan diri untuk tidak berbuat jahat kepada temannya dan dapat fokus pada satu hal atau tidak.

“Dia bisa menahan diri untuk engga dorong atau mukul temannya, kemudian kalau misalkan di ajak ngobrol dia masih bisa fokus ke kita ga, atau ternyata dia malah sibuk ke hal lain,” ujarnya.

Rizky juga menyambung gejala lain dari penderita ADHD, yaitu tidak dapat diam dan selalu menjatuhkan barang ketika lari-larian.

“Kemudian kalau jalan atau dia kesana kemari, dia ngejatuhin barang, nah itu kita boleh lihat tuh, oh ternyata dia ga bisa fokus deh, kemudian dia ternyata hiperaktif loh kemana-mana ga bisa diem. Nah itu kita bisa liat gejala-gejalanya tersebut,” sambungnya.

Psikolog Klinis, Rizky Purnomo juga menghimbau semua itu tidak lepas dari pemeriksaan yang seharusnya dilakukan untuk mendiagnosa kebenaran yang terjadi.

“Tapi diagnosanya tersebut memang harus tetap ke professional, psikolog dan juga psikiater,” tambahnya.

Perlu diketahui, semua itu tak lepas hanya sekedar dari diagnosa pribadi saja, kita harus sudah mulai sadar bahwa pentingnya pergi ke professional untuk mengetahui kepastian apa yang terjadi pada kita.

Jangan sepelekan segala bentuk apapun yang berkaitan dengan mental kita, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tips Terhindar dari Rasa Jenuh dalam Bekerja

Ada beberapa tips jitu yang bisa membantumu bangkit dari rasa bosan dan jenuh, sehingga kamu bisa kembali semangat dalam bekerja. Yuk, simak tips berikut ini.

4 Tanda Kamu Punya Teman Palsu Menurut Psikologi

Teman adalah bagian penting dari kehidupan sosial kita. Sobat Holopis dalam berkegiatan, bekerja, dan menghabiskan waktu bersama-sama pasti membutuhkan kehadiran sahabat selain anggota keluarga.

Tips Jitu Usir Rasa Sedih Berlebihan

Pernahkah kamu merasa terjebak dalam kesedihan yang tak kunjung usai? Rasanya seperti terbebani awan hitam yang tak mau pergi, membuatmu sulit menikmati hari-hari. Tenang, kamu tidak sendirian. Setiap orang pasti pernah merasakan sedih, dan itu adalah emosi yang wajar.

5 Tips Agar Hidup Bahagia, Terus Bersyukur dan Punya Tujuan Bermakna

Siapa sih yang tidak ingin Bahagia? Kebahagiaan adalah hal yang dicari oleh banyak orang dalam kehidupan mereka sehari-hari. Psikolog sering kali memberikan pandangan dan tips tentang bagaimana mencapai kebahagiaan yang berkelanjutan.

Sering Overthinking di Malam Hari? Ternyata Ini Alasannya!

Overthinking atau terlalu banyak berpikir sering kali menjadi teman yang tidak diundang ketika malam tiba. Banyak orang mengalami kondisi ini, di mana pikiran-pikiran mereka terus berputar tanpa henti, sehingga mengganggu waktu istirahat.

Wah, Ternyata Dampak Daddy Issues Juga Bisa Dirasakan Anak Laki-laki

Fenomena ‘daddy issues’ saat ini sedang kerap kali dibahas, terutama oleh generasi millennial dan Gen Z yang melek terhadap media sosial.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS