Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizTop! Total Investasi BYD di Indonesia Capai Rp 20 Triliun

Top! Total Investasi BYD di Indonesia Capai Rp 20 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan informasi terkini perihal masuknya perusahaan industri electric vehicle (EV) global Build Your Dreams (BYD) ke Indonesia.

Dia menyebut, nilai investasi perusahaan kendaraan listrik dari Tiongkok tersebut di Indonesia mencapai 1,3 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 20 triliun.

“Informasi yang kami dapatkan dari perbincangan dengan eksekutif BYD nilai investasi mereka mencapai 1,3 miliar (Dolar AS) dengan kapasitas produksi 150 ribu unit,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/1).

Airlangga menjelaskan, sektor industri otomotif berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tercatat bila dilihat berdasarkan pertumbuhan industri alat angkut selama 10 kuartal berturut-turut, angkanya mencapai 7,31 persen, dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 1,46 persen.

Berdasarkan data yang dipaparkan Airlangga, penjualan kendaraan listrik di Indonesia sepanjang tahun 2023 mencapai 17 ribu unit. Sedangkan bila termasuk BEV dan hibrida, angkanya mendekati 80 ribu unit.

Setidaknya 26 persen kekuatan industri otomotif ditopang oleh industri kendaraan bermotor roda empat, dengan kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun, produksi domestik sekitar 1 juta, dan ekspor mendekati 500.000.

“Tenaga kerja secara tidak langsung mencapai 1,5 juta mulai pasok Tier 1 hingga Tier 3, tentu Tier ini masih berbasis pada internal combustion,” kata Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.