Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cek Fakta, Apakah Penderita ADHD Makin Hiperaktif Gara-gara Coklat?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sempat membuat gempar, Selebgram Fuji yang blak-blakan mengaku dirinya mengidap ADHD karena sering mengkonsumsi coklat. Jadi apakah coklat itu dapat memicu orang menjadi penderita ADHD?

Menurut Rizky Purnomo Adji Churnawan, seorang Psikolog Klinis, kandungan dalam coklat hanyalah sebuah rangsangan untuk penderita ADHD semakin aktif lagi.

“Jadi memang kandungan coklat sendiri kan membuat atau merangsang dopamine dalam tubuh itu naik kan, nah ADHD itu sendiri secara naturalnya sudah aktif,” ujar Rizky yang dikutip dari laman YouTube Holopis Channel.

Pada tubuh manusia sudah ada sistem untuk mengurangi dopamine yang dicerna, namun untuk penderita ADHD ketika dia sudah hiperaktif, kemudian ditambah dopaminenya, maka akan semakin aktif.

“Dia memang neurontransmitter itu adalah senyawa dalam otak itu memang dia banyak mengeluarkan dopamine, apalagi ditambah dopamine lagi gitu, jadi tambah aktif,” sambungnya.

Risky mengatakan dopamine itu memang sebuah senyawa yang membuat kita senang dan terus aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari, maka akan semakin hiperaktif jika ditambahkan kepada penderita ADHD.

“Dopamine itu adalah senyawa yang bikin kita tuh aktif seneng, nah itu yang membuat kita menjadi bisa menjalankan kerjaan, olahraga, itu gara-gara dopamine tersebut. apalagi ditambah tuh dopaminnya, makanya jadi lebih hiperaktif gitu,” katanya.

Perlu diketahui, ADHD itu merupakan suatu kelainan yang terjadi pada otak manusia sejak dirinya lahir. Jadi bisa dikatakan bahwa ADHD tidak ada pengaruhnya dengan lingkungan dan tumbuh kembang pada manusia.

Apalagi hanya mengkonsumsi coklat saja, itu tidak dapat berpengaruh pada awal terjadinya ADHD. Coklat malah menjadikan penderita ADHD yang mulanya hiperaktif, itu akan membuatnya semakin aktif lagi.

Maka dari itu, kita sudah harus kenali gejala-gejala yang terjadi pada anak yang mengidap ADHD seperti apa, untuk mendiagnosa dini dan bisa langsung ditangani oleh para professional di bidangnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Cara Atasi Perasaan Cepat Tersinggung

Perasaan cepat tersinggung bisa mengganggu hubungan interpersonal dan mempengaruhi kesejahteraan mental.

Tiba-tiba Galau Saat Tengah Malam? Coba Deh Lakukan Ini

Pernah nggak tiba-tiba tengah malam, Sobat Holopis terjaga dari tidur dan merasa galau tanpa alasan yang jelas? Gak jarang, rasa galau ini datang begitu saja dan bikin tidur kita jadi terganggu.

Cara Atasi Amarah Agar Lebih Tenang

Mengelola amarah dengan efektif adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan yang harmonis. Dibutuhkan pemahaman terhadap diri sendiri, ketenangan, dan aktivitas fisik agar mental semakin segar dan tidak terbelenggu dengan pikiran-pikiran negatif.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru