Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPemerintah Siapkan Skema Insentif Pajak Hiburan

Pemerintah Siapkan Skema Insentif Pajak Hiburan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pemerintah segera menerbitkan skema pemberian insentif fiskal dalam penerapan tarif pajak hiburan khusus, yang ditetapkan sebesar 40-75 persen.

Airlangga mengatakan, skema insentif pajak hiburan yang sebelumnya sempat dikeluhkan para pengusaha tersebut nantinya akan berbentuk surat edaran bersama antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Pemerintah akan mengeluarkan surat edaran terkait dengan Pasal 101 (UU HKPD yang mengatur pajak hiburan) ini,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/1).

Dia pun menambahkan, bahwa surat edaran bersama itu akan disosialisasikan setelah terbit.

Sebagai informasi, Dalam UU HKPD Pasal 101 disebutkan bahwa dalam mendukung kebijakan kemudahan berinvestasi, gubernur/bupati/wali kota dapat memberikan insentif fiskal kepada pelaku usaha di daerahnya.

Insentif fiskal itu dapat berupa pengurangan, keringanan dan pembebasan atau penghapusan pokok pajak, pokok retribusi dan atau sanksinya.

Tak hanya insentif pajak hiburan, Airlangga juga menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar dipersiapkan insentif lainnya, seperti pemberian insentif pajak penghasilan (PPh) badan sebesar 10 persen.

Namun untuk teknis pemberian insentif PPh tersebut, kata Airlangga, masih dalam tahap pembahasan.

“Insentif PPh badan dalam sektor pariwisata itu lebih keseluruhan, lebih kepada seluruh sektornya, dan yang lebih dipertimbangkan Bapak Presiden meminta untuk dikaji PPH Badan sebesar 10 persen,” pungkas Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.