Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Ultah Edgar Allan Poe, Sastrawan AS dan Karya-karya Horornya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pada tanggal 19 Januari, para penggemar sastra dari seluruh dunia, khususnya pencinta genre horror dan misteri, sedang merayakan ulang tahun seorang sastrawan ikonis asal Amerika Serikat, bernama Edgar Allan Poe.

Penyair dan penulis yang dikenal dengan genre misterinya ini lahir pada tahun 1809 di Boston, Massachusett. Sepanjang hidupnya, ia menorehkan karya-karya yang mengukir jejak dalam genre horor, detektif, dan sastra misteri.

Memiliki Tulisan yang Langka

Edgar Allan Poe dikenal sebagai salah satu penulis paling unik dan berpengaruh pada abad ke-19. Karya-karyanya yang mencakup puisi, cerita pendek, dan kritik sastra, berhasil menciptakan citra gelap dan misterius yang melekat pada namanya.

Puisi-puisi seperti “The Raven” dan “Annabel Lee” menunjukkan keahliannya dalam meretas dimensi-dimensi kegelapan dan melibatkan pembaca dalam suasana yang penuh ketegangan.

Namun, kontribusinya tidak hanya terbatas pada genre horror loh, Sobat Holopis. Edgar Allan Poe juga dinilai sebagai bapak genre detektif modern, dengan kisah-kisah seperti “The Murders in the Rue Morgue” dan “The Mystery of Marie Rogêt” yang debut karya-karya detektif selanjutnya.

Bahkan, keberanian dan inovasinya dalam menciptakan karakter detektif fiksi, C. Auguste Dupin, menjadi inspirasi bagi penulis-penulis selanjutnya yang ikut menjadi penulis misteri kenamaan seperti seperti Arthur Conan Doyle dan Agatha Christie.

Kehidupan Pribadi dan Pengaruh Pribadinya dalam Karya-karya

Dalam kehidupan pribadinya, Edgar Allan Poe menghadapi banyak tantangan dalam kehidupannya, termasuk kehilangan orang-orang terdekat, serta perjuangan finansial. Kehidupannya yang penuh tragedi dan kesendirian tercermin dalam banyak karyanya.

Kematian istrinya, Virginia, pada usia yang sangat muda, juga memberikan warna kegelapan tambahan pada karya-karya selanjutnya.

Pengaruh Edgar Allan Poe Hingga Saat Ini

Edgar Allan Poe meninggal dunia pada 7 Oktober 1849 saat ia berusia 40 tahun. Ia diduga meninggal dunia karena berbagai penyakit yang ia derita, seperti diabetes, penyakit jantung, epilepsy, dan ada pula kemungkinan ia meninggal akibat rabies.

Meskipun hidupnya yang singkat, Poe meninggalkan warisan sastra yang abadi. Pengaruhnya dapat ditemukan dalam karya-karya penulis-penulis terkemuka, termasuk H.P. Lovecraft, Stephen King, dan Alfred Hitchcock. Gaya naratifnya yang intens dan atmosfer yang menegangkan juga masih memikat pembaca hingga saat ini.

Apa buku Edgar Allan Poe favorit Sobat Holopis?

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru