Pembangunan TC di IKN Capai 20 Persen, Erick Thohir : Ini Dibangun Demi Transformasi Sepakbola Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 20 persen. Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pun menegaskan bahwa TC ini dibangun demi transformasi sepakbola Indonesia.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1).

Turut mendampingi Presiden Jokowi juga, diantaranya Ketum PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir, Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, Exco PSSI, Muhammad, Khirul Anwar, ada juga Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta tiga pemain Timnas U-20 Indonesia.

“Kalau kita lihat memang sudah dimulai dan sampai hari ini sudah tuntas 20%. Dan kita harapkan Mei (2024) sudah jadi, dan Juni (2024) sudah bisa dipakai untuk TC. Untuk U-20. Masuk ke sini. Coach Indra (Sjafri) juga sudah katakan siap untuk TC di IKN. Rumput juga sudah disemai semuanya,” ungkap Presiden Jokowi, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir menerangkan bahwa Pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC tahap 1 ini bisa selesai sesuai target, yakni pada Mei 2024.

“Tadi Pak Presiden menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan TC PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20%. Ini menunjukkan komitmen PSSI dan Adhi Karya dalam mempercepat pembangunan TC. Ini juga bagian dari transformasi sepak bola Indonesia menuju ke arah yang lebih baik,” jelas Erick.

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa pembangunan TC PSSI itu sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepakbola Indonesia.

TC PSSI di IKN nantinya akan ditunjang dengan fasiltas-fasilitas bertarap internasional untuk para pemain dan staf berlatih.

Kemudian, sebelumnya sempat ada pembangunan TC PSSI Tahap 1 dengan dana hibah dari FIFA Forward senilai 1,25 juta USD atau setara Rp 19,2 miliar.

Ada pun pembangunan tahap 1 difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain.

Untuk asrama di Tahap 1, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri atas 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 Suite untuk pelatih kepala.

“Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia,” tambah Erick.

“PSSI berkomitmen untuk mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward,” kata Erick.

Sesuai blue print, TC PSSI di IKN akan memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, namun juga masyarakat sekitar.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Atlet Wushu Termuda Agni Agustine Sabet Perunggu PON XXI Aceh-Sumut 2024

Atlet Wushu termuda wakil DKI Jakarta Agni Agustine Dimonim berhasil meraih medali perunggu PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Cristiano Ronaldo : Erik ten Hag, Dengarkan lah Nistelrooy!

Cristiano Ronaldo menyarankan kepada pelatih Manchester United Erik ten Hag untuk mendengarkan stafnya, dalam hal ini Ruud van Nistelrooy yang juga merupakan legenda klub Setan Merah sendiri.

Nico Williams Gak Level Main di Barcelona

Barcelona kembali menepis kabar mengenai batalnya Blaugrana dalam mendatangkan Nico Williams di bursa transfer pemain musim panas ini. Direktur Olahraga klub, Deco, menganggap penyerang Spanyol itu tak level bermain di Barcelona.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru