HOLOPIS.COM, JAKARTA – AS Roma secara mengejutkan telah resmi memecat manajer Jose Mourinho dari kursi kepelatihan tim. Performa Il Lupi yang kian memburuk pun diduga jadi penyebab The Special One lengser dari jabatannya itu.

Kabar pemecatan itu sendiri sejatinya telah diumumkan AS Roma pada Selasa (16/1), dimana yang hengkang dari Il Lupi tak hanya Jose Mourinho saja, namun juga bersama seluruh stafnya.

“AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa José Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub,” tulis pernyataan AS Roma, seperti dikutip Holopis.com.

Jose Mourinho sendiri merupakan salah satu manajer top dunia, pelatih asal Portugal itu menangani AS Roma sejak Mei 2021 lalu, dengan kontrak hingga Juni 2024.

Selama karirnya tersebut, Jose Mourinho sukses menyumbangkan gelar UEFA Conference League 202 untuk AS Roma.

Dalam total 138 kali menunggangi AS Roma, Jose Mourinho telah meraih 68 kemenangan, 30 imbang dan 49 kekalahan.

Namun, perjalanan Jose Mourinho di musim ini nampaknya tak begitu mulus, terutama di Liga Italia. AS Roma kini harus terlempar ke posisi 9 klasemen, dengan hanya mengoleksi 29 poin, dalam delapan kemenangan, lima imbang dan tujuh kekalahan.

Padahal, kedalaman skuad AS Roma itu sendiri cukup mempuni, dengan dihuni sejumlah pemain ternama seperti Romelu Lukaku hingga Paulo Dybala.

Menariknya, pemecatan tersebut tak lama setelah Jose Mourinho diganjar kartu merah saat AS Roma bersua Atalanta, dimana kartu merah itu sekaligus menandai untuk yang kelima kalinya ia dapatkan.

Kini, karirnya bersama AS Roma pun terhenti dengan berujung pemecatan.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada José atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub,” ungkap pemilik klub, Dan dan Ryan Friedkin.

“Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tapi kami yakin perubahan segera adalah demi kepentingan terbaik klub. Kami mendoakan yang terbaik bagi José dan asistennya dalam upaya mereka di masa depan,” tutupnya.