Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Praktis untuk Kalian yang Sering Insomnia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Susah tidur atau insomnia bisa menjadi tantangan yang memengaruhi kesehatan dan konsentrasi kita dalam menjalani aktivitas di keesokan harinya.

Dalam artikel ini, Holopis.com akan membahas beberapa tips praktis untuk mengatasi masalah susah tidur di malam hari. Berikut tipsnya;

1. Tetapkan Jadwal Tidur yang Tetap

Menjaga jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur jam biologis tubuh. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Konsistensi ini membantu tubuh Sobat mengenali pola tidur alami.

2. Hindari Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

Kafein yang biasanya terdapat pada minuman kopi dan teh dapat mengganggu tidur Sobat. Untuk itu, indari minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur. Hindari pula makanan berat yang sulit dicerna, karena ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan sulit tidur.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur Sobat menjadi tempat yang tenang dan nyaman. Gunakan tirai gelap, atur suhu ruangan yang nyaman, dan pertimbangkan menggunakan earplug atau penutup mata, apabila Sobat berada di lingkungan yang cenderung bising atau terang.

4. Batasi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Cahaya biru dari layar gadget dapat menghambat produksi melatonin, yang merupakan hormon tidur. Matikan atau posisikan gadget jauh dari Sobat, setidaknya satu jam sebelum tidur untuk membantu tubuh bersiap-siap untuk istirahat.

5. Lakukan Relaksasi dan Latihan Napas

Latihan relaksasi, meditasi, atau teknik napas dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Cobalah untuk meresapi momen tenang sebelum tidur dengan latihan relaksasi untuk mengurangi stres dan kecemasan.

6. Aktivitas Fisik Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari berolahraga intensif di malam hari, karena hal ini dapat meningkatkan energi dan membuat Sobat justru kesulitan untuk tidur.

7. Batasi Waktu Tidur Siang

Jika Anda merasa perlu tidur siang, batasi waktu tidur siang Sobat dan hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur Sobat di malam hari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru