Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizCetak Rekor! Neraca Perdagangan RI Surplus 44 Bulan Beruntun

Cetak Rekor! Neraca Perdagangan RI Surplus 44 Bulan Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat nilai ekspor Indonesia pada periode Desember 2023 sebesar US$ 22,41 miliar. Sedangkan untuk nilai impor Indonesia pada periode yang sama tercatat sebesar US$ 19,11 miliar.

Artinya, neraca perdagangan Indonesia secara bulanan pada periode Desember 2023 kembali mencatatkan surplus sebesar US$3,31 miliar.

“Dengan demikian neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (15/1).

Pudji mengatakan surplus neraca dagang pada akhir 2023 ditopang oleh surplus komoditas nonmigas, yaitu sebesar US$5,20 miliar, dengan komoditas penyumbangnya, diantaranya yakni bahan bakar mineral (HS 27), lemak dan minyak hewan nabati (HS 15), dan besi baja (HS 72).

Menurutnya, surplus neraca perdagangan nonmigas secara bulanan memang lebih tinggi. Namun secara tahunan, surplus pada periode Desember 2023 lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu.

Pada saat yang sama neraca perdagangan komoditas Migas tercatat defisit US$ 1,89 miliar dengan komoditas penyumbang defisit adalah hasil minyak dan minyak mentah.

“Defisit neraca perdagangan Migas Desember 2023 ini lebih rendah dari bulan sebelumnya, namun lebih tinggi dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu,” tutur Pudji.

Adapun secara kumulatif, yakni pada periode Januari hingga Desember 2023, total surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai US$ 36,93 miliar. Angka ini lebih rendah sekitar 33,46% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).