Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSiap-siap! Tarif Sejumlah Ruas Tol Bakal Naik Tahun Ini

Siap-siap! Tarif Sejumlah Ruas Tol Bakal Naik Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sejumlah ruas tol di Indonesia dikabarkan bakal mengalami penyesuaian tarif pada tahun 2024 ini. Tercatat ada belasan ruas tol yang tarifnya mengalami kenaikan.

Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ali Rachmadi Nasution membenarkan kabar tersebut.

Dia pun menyebut, bahwa kenaikan tarif sejumlah ruas tol itu bakal dimulai pada kuartal pertama di tahun ini.

“Untuk tahun 2024 terdapat beberapa ruas yang rencana akan dilakukan penyesuaian tarif di kuartal I/2024,” ujar Ali Rachmadi kepada wartawan, Sabtu (13/1) seperti dikutip Holopis.com.

Adapun ruas tol yang dikabarkan bakal mengalami kenaikan tarif diantaranya, yakni Tol Surabaya-Gresik, Tol Kertosono-Mojokerto, Tol Bali-Mandara, Tol Serpong-Cinere, Tol Ciawi-Sukabumi, Tol Pasuruan-Probolinggo Tol Makassar Seksi 4.

Lalu, Tol Gempol-Pandaan, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1, Tol Integrasi Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak (Tomang-Tangerang Barat-Cikupa).

Tak hanya itu, kenaikan tarif tersebut juga bakal dilakukan untuk Tol Dalam Kota Jakarta (Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit).

Adapun sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) telah mengkonfirmasi akan melakukan penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada tahun ini.

Keempat ruas tol tersebut di antaranya, Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Tol Palembang–Indralaya, Tol Pekanbaru–Dumai, dan Tol Sigli–Banda Aceh.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menjelaskan, penyesuaian tarif keempat ruas tersebut telah sesuai dengan regulasi, sehingga akan diterapkan mulai tahun ini.

Secara kualitas, ruas-ruas tersebut dinilai sudah memenuhi syarat untuk dilakukan kenaikan tarif. Pihaknya berharap, rencana tersebut dapat segera mengantongi izin.

“Mengingat penyesuaian tarif cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif, sehingga kami berharap dapat terlaksana sesuai target,” ujar Tjahjo melalui keterangan pers yang terbit beberapa waktu lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.