BerandaNewsEkobizMentan Pede Indonesia Swasembada Pangan di Tahun 2027

Mentan Pede Indonesia Swasembada Pangan di Tahun 2027

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengaku optimis, pihaknya di Kementerian Pertanian (Kementan) mampu mewujudkan swasembada pangan di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, yakni di tahun 2027.

Hal itu diyakininya, meskipun saat ini kondisi pangan dunia, termasuk Indonsia tengah berhadapan dengan ancaman krisis pangan, yang diperparah dengan adanya tantangan iklim ekstrem El Nino.

“Meski saat ini kita impor beras, tapi tiga tahun ke depan kita optimis sanggup mengembalikan Indonesia menjadi negara yang swasembada pangan,” ujarnya dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (14/1).

Untuk itu, Mentan mengajak petani untuk melakukan akselerasi peningkatan produksi pangan. Sebab menurutnya, Indonesia saat ini masuk dalam daftar negara garis kuning, yakni negara yang terancam kekurangan pangan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Padahal 2017 sampai 2020, Indonesia swasembada pangan. Pertanian menjadi salah satu sektor penentu ketahanan pangan negara,” katanya.

Swasembada pangan sangat penting untuk dicapai dalam waktu dekat. Sebab, dunia saat ini tengah dihadapkan pada krisis pangan akibat kondisi geopolitik dunia dan dampak perubahan iklim.

Setiap negara pun kini tengah fokus untuk menyediakan kebutuhannya masing-masing, sehingga untuk mengimpor dari negara sentra produksi pangan tentu akan dihadapkan pada persaingan yang ketat.

Amran pernah menyebut Indonesia mampu swasembada pangan, bahkan menjadi lumbung pangan bagi dunia. Maka tentu mudah bagi Indonssia untuk kembali mewujudkan swasembada pangan. Terlebih Indonesia memiliki 10 juta hektare lahan pertanian potensial yang belum tergerap maksimal.

Adapun untuk mengejar target swasembada pangan ini, sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Kementan, pemerintah menargetkan penambahan lahan sawah seluas 1,5 juta hektare dari optimalisasi lahan rawa.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS