HOLOPIS.COM, JAKARTA – Resep kuliner kali ini ada Gado-Gado, hidangan khas nusantara yang lezat dan nikmat. Gado-Gado ini juga bisa jadi solusi tepat untuk sobat Holopis sekalian yang bingung mau makan apa untuk siang nanti.

Selain lezat dan nikmat, tentunya menyehatkan, karena Gado-Gado sebagian besarnya berbahan dasar sayur-sayuran, ada wortel, kacang panjang, timun, dan lain-lain.

Ada juga kandungan protein dan karbohidratnya yang terdiri dari telur, tempe, tahu, lalu ada kentang, yang kemudian dibalut dengan bumbu kacang yang manis, gurih dan lembut.

Penasaran seperti apa resepnya? Berikut ini bahan dan cara membuat Gado-Gado ala rumahan, seperti dikutip Holopis.com dari Instagram @sukmawati_rs, Sabtu (13/1) :

BAHAN

Saus Kacang :
– 250 gr kacang goreng, haluskan
– 6 siung bawang putih, goreng layu
– 8 buah cabe merah keriting,goreng layu
– 6 buah cabe rawit hijau, goreng layu
– 100 gr gula merah, sisir
– 1 sdt pasta asam jawa
– 700 ml santan
– Garam secukupnya

Sayuran :
– Kacang panjang, rebus
– Kol, rebus
– Wortel, rebus
– Kentang, rebus
– Timun
– Daun selada segar

Pelengkap :
– Tempe goreng
– Tahu goreng
– Telur rebus
– Emping goreng
– Bawang goreng

CARA MEMBUAT

  1. Saus Kacang : Haluskan terlebih dahulu seluruh bumbunya, kemudian tuangkan ke dalam wajab, lalu masukkan kacang halus, tambahkan santan dan gula merah. Setelah itu, masak sambil diaduk hingga halus, kemudian tuangkan asam jawa dan garam. Didihkan, lalu angkat
  2. Terakhir, tata seluruhnya ke dalam piring, mulai dari sayuran hingga pelengkap lainnya, kemudian siram dengan saus kacang.