Pasar Saham Sepekan Lesu, Efek Investor Ambil Cuan Rame-rame?

Pasar Saham
Ilustrasi pasar saham. [Foto : Ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bursa saham Indonesia nampaknya sedang lesu pada perdagangan pekan kedua Januari 2024 ini. Hal itu tercermin dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara mingguan mengalami pelemahan.

Berdasarkan data di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dipantau Holopis.com, IHSG pada pekan terakhir ini, Jumat (12/1) cukup menahan gairah bursa saham pada pekan ini, dimana IHSG ditutup menguat 0,29% ke posisi 7.241,138.

Adapun nilai transaksi indeks pada perdagangan kemarin mencapai sekitar Rp9 triliun dari sekitar 17 miliar lembar saham yang ditransaksikan sebanyak 1,2 juta kali. Tercatat pula sebanyak 228 saham emiten menguat, 281 saham melemah, dan 257 saham tidak mengalami perubahan alias stagnan.

Selain IHSG, saham-saham yang sempat menjadi top gainers pada pekan pertama Januari 2024, justru harus boncos lebih dari 30% dalam sepekan, dan masuk dalam daftar Top Losers pada pekan ini.

Saham-saham tersebut seperti PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). Kedua saham tersebut diketahui erat kaitannya dengan Prajogo Pangestu.

Adapun saham-saham yang menjadi Top Losers selama sepakan ini diantaranya yakni :

PT Chandra Asri Petrochemical (TPIA) melemah 38%
PT Asri Karya Lestari (ASLI melemah 36%
PT Barito Renewables Energy (BREN) melemah 35%
PT Lovina Beach Brewery (STRK) melemah 23%
PT Barito Pangestu (BRPT) melemah 21%

Kendati beberapa saham yang mengalami pelemahan, namun terdapat saham yang menguat bahkan dalam sepekan telah melonjak tembus lebih dari 50%, salah satunya yakni saham WIDI. Berikut deretan saham Top Gainers :

PT Widiant Jaya Krenindo (WIDI) menguat 54%
PT Citra Nusantara Gemilang (CGAS) menguat 46%
PT MPX Logistics International (MPXL) menguat 30%
Buana Lintas Lautan (BULL) menguat 24%
Pacific Strategic Financial (APIC) menguat 24%

Exit mobile version