BerandaNewsEkobizGelombang PHK Besar-besaran, 57.923 Orang Jadi Korban

Gelombang PHK Besar-besaran, 57.923 Orang Jadi Korban

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran yang terjadi belakangan ini nampaknya menjadi hal yang menyedihkan bagi para pekerja di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), setidaknya sebanyak 57.923 orang menjadi korban PHK. Data tersebut merupakan data yang dirangkum sepanjang Januari-November 2023.

“Pada periode Januari-November 2023 terdapat 57.923 orang tenaga kerja yang ter-PHK,” tulis Kemnaker sebagaimana dikutip Holopis.com dari laporannya, Sabtu (13/1).

Tercatat, jumlah pegawai yang terkena PHK pada periode November 2023 melonjak 27,1 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2023. Selama periode November 2023, tercatat adanya penambahan korban PHK sebanyak 12.347 orang.

Penerbit Iklan Google Adsense

Menelisik lebih jauh, Jawa Barat (Jabar) masih menjadi provinsi dengan jumlah korban PHK terbanyak, yakni mencapai 17.545 orang hingga November tahun lalu.

Angka tersebut bertambah 1.796 bila dibanding jumlah korban PHK di Jabar pada periode Januari-Oktober 2023 yang sebanyak 15.749 orang.

“Tenaga kerja ter-PHK paling banyak terdapat di Provinsi Jawa Barat, yaitu sekitar 30,29 persen dari jumlah keseluruhan,” kata Kemnaker.

Sementara provinsi Jawa Tengah berada diurutan kedua sebanyak 9.374 pegawai yang kena PHK. Di posisi ketiga, provinsi dengan tenaga kerja ter-PHK paling banyak ada di Banten, yakni mencapai 8.776 orang.

Namun jika dilihat dari persentase kenaikan, provinsi Riau mengalami lonjakan tenaga kerja ter-PHK di 11 bulan tahun lalu, yaitu mencapai 353,5 persen. Dari 886 korban PHK hingga Oktober 2023 menjadi 4.018 orang pada periode hingga November lalu.

Sedangkan provinsi yang paling sedikit jumlah tenaga kerja ter-PHK-nya, yaitu Sulawesi Barat yang hanya 4 orang. Disusul Papua sebanyak 7 korban PHK, dan di peringkat ketiga Nusa Tenggara Timur sebanyak 10 orang kena PHK.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS