BerandaNewsKesehatanAwas! Keseringan Terpapar Cahaya Malam Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Awas! Keseringan Terpapar Cahaya Malam Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cahaya merupakan bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, namun penggunaan yang tidak bijak, sehingga terlalu banyak terpapar cahaya saat malam bisa memiliki dampak serius pada kesehatan, termasuk peningkatan risiko kanker.

Dalam dunia kesehatan, terdapat istilah Ritme circadian, yakni siklus biologis yang mengatur tidur dan kewaspadaan. Siklus ini dapat terganggu oleh cahaya malam.

Sehingga dapat dikatakan, pemaparan cahaya malam yang terus-menerus dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal, yang telah terkait dengan peningkatan risiko kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat.

Perlu Sobat Holopis ketahui, terlalu banyak terpapar cahaya malam tingkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa wanita yang terpapar cahaya malam lebih lama memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sebab, cahaya malam dapat mengganggu produksi melatonin, yakni hormon yang memiliki sifat anti-kanker dan membantu mengatur siklus tidur. Melatonin tidak hanya penting untuk tidur yang baik, tetapi juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol.

Apabila ditarik dari keaehatan mental dan fisik, pemaparan cahaya malam juga akan meningkatkan risiko kanker. Sebab, terlalu banyak terpapar cahaya malam memicu gangguan tidur, kecemasan, dan depresi.

Pada akhirnya, keseimbangan tidur yang terganggu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker.

Selain potensi wanita yang berisiko terkena kanker payudara, pria yang terpapar cahaya malam secara terus-menerus juga memiliki risiko peningkatan kanker prostat. Sebab, gangguan ritme circadian dapat memicu ketidakseimbangan hormonal, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada prostat.

Cara Mengurangi Risiko Kanker

Untuk mengurangi risiko terpapar cahaya malam, penting untuk mengelola pencahayaan di sekitar kita. Menggunakan lampu tidur dengan cahaya lembut, dan menciptakan lingkungan tidur yang gelap dapat membantu menjaga ritme circadian dan mengurangi risiko kesehatan.

Dalam dunia yang terus terang dan terkoneksi, kesadaran akan bahaya terpapar cahaya malam menjadi krusial. Dengan mengelola pencahayaan malam dengan bijak, kita dapat melindungi ritme biologis kita dan mengurangi risiko kanker yang mungkin timbul akibat terganggunya ritme circadian.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS