HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat telah merilis imbauan akan terjadinya banjir pesisir pada priode 8-19 Januari. Terdapat beberapa daerah yang akan terkena bencana tersebut.

Potensi banjir pesisir yang diakibatkan karenanya adanya fenomena fase bulan baru atau New Moon pada tanggal 11 Januari 2024, itu berpotensi dalam meningkatnya ketinggian pasang air laut yang maksimum.

Dari data yang telah dikumpulkan, bajir rob ini akan terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

“Berdasarkan pantauan data water level dan data prediksi pasang surut, banjir pesisir (Rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia,” tulis BPBD dikutip Holopis.com dari Instagram @bpbd_jabar.

Diantaranya ada daerah Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Lampung, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Timur, dan Pesisir Jakarta.

Kemudian ada Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Nusa Tenggara Timur, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Maluku Utara dan juga Pesisir Papua.

Jawa Barat memberitahukan ‘Potensi Banjir Pesisir’ Ini berbeda waktu (Hari dan Jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas Pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, dan aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

BPBD Jabar memberikan nomor darurat yang dapat dihubungi ketika menghadapi kondisi bahaya.

“Warga Tangguh, jika menghadapi kondisi darurat silakan hubungi : 082317012056, Atau BPBD/Damkar Kabupaten/Kota terdekat,” tulisnya dalam caption.