HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Jumat (12/1).

Berdasarkan data BMKG yang dikutip Holopis.com dari laman resminya, cuaca Jateng pada hari ini didominasi oleh cuaca berawan alias mendung. Kondisi cuaca ini diprediksi BMKG bakal terjadi sejak pagi hingga siang nanti.

Kendati begitu, BMKG masih melihat adanya potensi hujan yang akan mengguyur wilayah Jateng pada siang hingga malam nanti. Bahkan di sejumlah wilayah, hujan dapat disertai sambaran petir atau kilat dan angin kencang.

“Berpotensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai petir/kilat, angin kencang, dan banjir, di wilayah Pegunungan tengah hingga dataran tinggi, Jateng bagian Barat, Jateng bagian Selatan, dan Sekitarnya,” tulis peringatan dini BMKG.

Secara rinci, BMKG memprediksi potensi cuaca hujan dengan intensitas ringan terjadi pada siang hari ini di wilayah Kajen , Karanganyar, Magelang, Pemalang, Salatiga, Slawi, dan Sragen.

Kemudian pada malamnya, terdapat potensi hujan sedang di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto. Kemudian di wilayah Brebes, Kajen, Pekalongan, Pemalang, Slawi, dan Tegal berpotensi hujan ringan.

Selain prakiraan cuaca, BMKG melalui laman resminya juga merilis informasi prakiraan suhu dan kelembapan udara di Jateng pada hari ini.

Berdasarkan prakiraan BMKG, suhu udara di Jateng pada hari ini bakal berkisar antara 23 hingga 33 derajat celsius, dengan kelembapan di angka 60 – 90 persen.